• JARKIM Indonesia dan Cita-Cita Rumah Layak Huni untuk Rakyat

    22 Oktober 2021
    SEMARANG — Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) sudah dinyatakan sebagai urusan pemerintahan wajib terkait pelayanan dasar dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
  • USAID IUWASH PLUS Bersama Pemerintah Pusat Adakan Bincang Bincang Media Terkait Perilaku Cuci Tangan

    21 Oktober 2021
    Ketersediaan akses Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) masih menjadi tantangan bagi Pemerintah Indonesia, oleh karena itu, USAID IUWASH PLUS bersama Kementerian Kesehatan dan Kementerian PPN/Bappenas mengadakan kegiatan Workshop “Beraksi Bersama Untuk Membuat Cuci Tangan Pakai Sabun Nyata Bagi Semua” pada hari Kamis (14/10/21).
  • Pamsimas Bersiap Adakan Lokalatih Penguatan Pokja PPAS Provinsi Untuk Percepatan Peningkatan Akses A

    14 Oktober 2021
    Program PAMSIMAS merupakan inisiatif penyediaan air minum dan sanitasi di tingkat perdesaan yang dimulai sejak 2008. Sejak saat itu, Pamsimas juga dipandang sebagai sebuah solusi untuk percepatan pencapaian akses air minum dan sanitasi berbasis masyarakat di perdesaan, sesuai amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/SDGs.
  • Kementerian Sosial dan UNICEF Luncurkan Dokumen Intervensi Sektor AMPL dalam Penanganan Bencana

    14 Oktober 2021
    UNICEF bersama dengan Kementerian Sosial meluncurkan Dokumen Kajian Sistematis Intervensi Sektor Air Minum dan Penyehatan Lingkungan dalam Penanganan Darurat Bencana di Indonesia.
  • Permukiman Kumuh, Bagaimana Menanganinya?

    30 September 2021
    Permukiman kumuh berkaitan erat dengan kemiskinan dan terus tumbuh di perkotaan. Urbanisasi dan pertambahan penduduk semakin membebani kawasan kumuh dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Susenas di tahun 2019, ada 15,5 juta rumah tangga di Indonesia menempati kawasan kumuh, dimana DKI Jakarta sebagai kawasan metropolitan masih memiliki kawasan kumuh yang tersebar di 445 rukun warga.
  • Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Indonesia Agar Terbebas Dari Sampah

    14 Oktober 2021
    Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perindustrian, serta mitra pembangunan lainnya, mengadakan acara Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah. Kegiatan yang dilakukan secara virtual tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan persampahan.
  • Media dan Peran Tak Terpisahkan dalam Pencapaian Akses Air Minum dan Sanitasi

    28 September 2021
    Kolaborasi antar pihak terus digaungkan sebagai salah satu kunci utama realisasi pencapaian akses air minum dan sanitasi layak dan aman. Tak terkecuali, media massa sebagai pihak yang memiliki peran strategis komunikasi dan edukasi, disebut sebagai bagian tak terpisahkan dalam upaya tersebut.
  • Peringati HCTPSS, Sejumlah Daerah Berbagi Pengalaman Promosi di Lapangan

    14 Oktober 2021
    Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS) yang jatuh pada tanggal 15 Oktober akan kembali dirayakan sebagai momentum untuk memperingati pentingnya perilaku CTPS dalam menunjang kesehatan masyarakat. Sebagai rangkaian untuk menyambut HCTPSS, USAID IUWASH PLUS bersama Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Kota Medan mengadakan dialog interaktif berbagi pengala
  • Mikro Kredit Sebagai Alternatif Peningkatan Akses Air Minum dan Sanitasi

    27 September 2021
    Air minum dan sanitasi merupakan aspek penting dalam kehidupan. Sebagai kebutuhan dasar, keberadaan kedua sektor ini tentunya sangat dibutuhkan. Penyediaan akses air minum dan sanitasi yang aman merupakan prioritas pembangunan yang harus dicapai karena hal tersebut diyakini dapat mendorong kualitas lingkungan dan masyarakat yang lebih sehat dan produktif.
  • Kolaborasi USAID IUWASH PLUS, Pokja PPAS, dan Kota Medan Untuk Galakkan Perilaku Cuci Tangan Pakai S

    14 Oktober 2021
    Dalam rangka menyambut Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS) yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober, USAID IUWASH PLUS bersama Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Kesehatan, dan Pemerintah Kota Medan mengadakan kegiatan dialog interaktif bertajuk “Cuci Tangan Pakai Sabun Budaya Kita” pada hari Rabu (13/10/2021).
  • Peluncuran Peta Jalan Penerapan RPAM Sebagai Strategi Efektif Menuju Akses Air Minum

    23 September 2021
    Sebagai upaya mencapai akses air minum aman yang telah dimandatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri berkolaborasi dengan USAID IUWASH PLUS melaksanakan Lokakarya Peluncuran Peta Jalan Penerapan Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM).
  • Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Jadi Momentum Sadarkan Semua Pihak Pentingnya Menjaga Kebersihan Tangan

    14 Oktober 2021
    Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) mulai dicanangkan pada tahun 2008 oleh Kemitraan Cuci Tangan Global (GHP) dan selanjutnya ditetapkan PBB untuk diperingati setiap tahunnya pada tanggal 15 Oktober. Pada tahun ini, tema HCTPS yang diangkat ialah "Masa Depan Kita Tangan Kita- Mari Beraksi Bersama untuk Membuat CTPS Nyata Bagi Semua," dengan Tageline "Cuci Tangan Pakai Sabun Budaya Kita
  • Piloting Program Peremajaan Permukiman Kumuh di Kota Bandung

    21 September 2021
    okja PPAS Nasional yang diketuai oleh Bappenas telah menyelenggarakan Audiensi Kemitraan Program Peremajaan Kumuh Bersama Walikota Bandung pada Rabu, 8 September 2021 lalu.
  • Tantangan, Strategi, dan Peran Pemerintah dalam Upaya Pengamanan Air Minum

    23 September 2021
    Dalam acara peluncuran peta jalan penerapan RPAM diadakan sesi diskusi interaktif antar Kementerian yang dimoderasi oleh Wahyu Wiwoho. Diskusi ini membahas tentang tantangan, strategi, serta peran yang dapat dilakukan oleh pemerintah pusat dalam pengamanan air minum.
  • Aksi Nyata, Kolaborasi USAID IUWASH PLUS Dengan Pemerintah Indonesia Dalam Meningkatkan Target Capai

    10 Oktober 2021
    USAID IUWASH PLUS bersama dengan Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan dan mitra lainnya mengadakan diskusi “Tantangan Pembangunan Air Minum dan Sanitasi di Jawa Barat dan Upaya Daerah Mengatasi Tantangan dan Menuju Kemandirian Air Minum, Sanitasi, dan Perilaku Higiene yang Berkelanjutan”.
  • Terwujudnya Perumahan Layak Huni, Aman dan Terjangkau Harapan Hari Perumahan Nasional di Usia ke- 71

    14 September 2021
    “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan pelayanan kesehatan”, bunyi pasal ini tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 H ayat 1 yang sejalan dengan keseriusan pemerintah dalam penyediaan rumah
  • Pusat Kembali Tegaskan Komitmen Pemda Penuhi Akses Air Minum dan Sanitasi Usai Pamsimas III

    14 September 2021
    Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau yang dikenal dengan PAMSIMAS ialah program yang berfokus pada pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat. Program ini telah berkiprah di Indonesia sejak tahun 2008 di fase pertama sampai ke fase ketiga yang akan berakhir pada tahun 2021.
  • Rencana Pengamanan Air Minum Sebagai Upaya Untuk Mencapai Target Air Minum Aman

    23 September 2021
    USAID IUWASH PLUS bekerjasama dengan Pokja PPAS Nasional, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), mengadakan acara workshop online dengan tema “Kenapa harus air minum aman?”. Tujuan dari acara ini untuk meningkatkan kesadaran jurnalis dan mendorong pesan tentang pentingnya air minum aman untuk kesehatan masyarakat Indonesia. Acara ini melibatkan 40 jurnalis dari 35 media nasional.
  • Tingkatkan Akses Air Minum dan Sanitasi Aman, Pokja PPAS Nasional Dorong Keterlibatan Aktif Eksekuti

    30 September 2021
    Dalam rangka mendorong peningkatan akses air minum dan sanitasi yang layak dan aman bagi semua masyarakat melalui Pamsimas, Ditjen Bina Bangda, Kementerian Dalam Negeri, yang merupakan anggota Pokja PPAS Nasional mengadakan kegiatan Workshop Dukungan Eksekutif dan Legislatif yang dilaksanakan secara hybrid (daring dan tatap muka) di Hotel Grand Mercure Yogyakarta, pada 15-17 September 2021.
  • Pemerintah Pusat Duduk Bersama Bahas Keberlanjutan Program PAMSIMAS

    05 Oktober 2021
    Sehubungan dengan akan segera berakhirnya pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) pada Desember 2021, dimana PAMSIMAS merupakan program yang telah berjalan sejak tahun 2008, Kementerian PPN/Bappenas mengadakan rapat Eselon II untuk membahas isu strategis dan rekomendasi upaya ke depannya.