Jelang Perhelatan SMM 2022, Bappenas Adakan Audiensi Dengan Direktur Jenderal P2P Kementerian Kesehatan

Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Sector Ministers’ Meeting (SMM) 2022 di Indonesia pada 18-19 Mei mendatang, Kementerian PPN/Bappenas bersama dengan UNICEF Indonesia dan Sanitation and Water for All (SWA) melaksanakan audiensi dengan Kementerian Kesehatan pada hari Jumat (11/03)

Audiensi yang dilakukan secara daring ini disambut baik oleh Direktur Jenderal Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan,Maxi Rein Rondonuwu, didampingi oleh Direktur Penyehatan Lingkungan, Anas Ma'ruf. Dalam kesempatan ini Bapak Maxi Rein Rondonuwu menyampaikan komitmennya dalam mendukung pelaksanaan kegiatan SMM, terutama memastikan kehadiran Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin pada SMM 2022.

Kementerian PPN/Bappenas yang diwakili oleh Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, Josaphat Rizal Primana, menyampaikan Kementerian Kesehatan memegang peranan krusial di sektor WASH untuk menciptakan demand serta perubahan perilaku masyarakat dalam mengelola layanan Infrastruktur agar berkelanjutan. Harapan dalam SMM 2022 Menteri Kesehatan dapat berbagi bagaimana kontribusi sektor WASH terhadap pemulihan kesehatan dan bagaimana peningkatan akses WASH dapat mengurangi dampak dari bahaya iklim terkhadap ksehatan masyarakat. Kehadiran Menteri Kesehatan dapat menjadi kesempatan untuk menggali bagaimana sistem pemantauan STBM (untuk melacak kemajuan pencapaian ODF) berperan penting dalam percepatan pencapaian ODF di Indonesia. Serta Menteri Kesehatan dapat berbagi inisiatif untuk memantau pelaksanaan praktik hygiene dan bagaimana capaiannya di Indonesia pada sesi dialog antar menteri di tingkat global.

Pada kesempatan ini Bapak Rizal Primana juga menyampaikan tantangan penyelenggaraan acara pada saat pandemi, sehingga membutuhkan dukungan teknis dari Kementerian Kesehatan untuk memastikan pelaksanaan acara dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Pertemuan ini dihadiri oleh Mr. Siddhartha Das, Regional Coordinator for Asia & Pasific sebagai perwakilan dari SWA yang menyampaikan harapan bahwa kolaborasi ini dapat menjadi langkah strategis untuk mempercepat pencapaian akses air minum dan sanitasi, serta menyukseskan SMM 2022.