Ribuan Warga Telah Dapatkan Akses Air Siap Minum


03 April 2014

Zona Air Minum Prima Kota Malang

Pelayanan air siap minum atau air minum prima belum banyak dirasakan pelanggan PDAM di Indonesia. Di Kota Malang, Jawa Timur, PDAM setempat telah mampu memberikan pelayanan air siap minum kepada 87 persen pelanggannya. Kuncinya, kolaborasi antar instansi dan dukungan pemangku kepentingan dengan menomorsatukan pelayanan. Saat ini setidaknya ribuan warga masyarakat di kota ini telah mendapatkan layanan air siap minum yang bisa diakses langsung pada di beberapa titik pusat keramaian, salah satunya seperti di SDN Tunjung Sekar 1.

Kota Malang, Jawa Timur, dianugerahi Tuhan sumber air berlimpah dengan kualitas prima. Anugerah air yang berlimpah itu mampu dikelola dengan baik oleh PDAM sebagai penyedia layanan dengan dukungan Dinas/SKPD terkait lainnya. Hasilnya, mayoritas warga pelanggan PDAM sudah menikmati air siap minum.

Keberlimpahan sumber air di Kota Malang dapat dilihat dari besarnya sumber air baku yang dimiliki yaitu hingga sebesar 1.235 liter/detik. Dari sumber air yang tersedia, pada tahun 2011 produksi air bersih PDAM Kota Malang mencapai 42.074.109 m3 untuk melayani 113.697 pelanggan. Di samping jumlahnya yang berlimpah, kualitas airnya terjaga. Kualitas air PDAM Kota Malang telah memenuhi standar kualitas air minum atau sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No.416/Menkes/Per/IX/1990. Saat ini, setidaknya ratusan Kepala Keluarga (KK) dan ratusan pelajar telah dapat menikmati air siap minum di sejumlah titik.

Informasi Lebih Lanjut: PDAM Kota Malang

Jalan Sulawesi No.7A
(0341) 346400

 



Penulis :
Organisasi/Jabatan :
Media Sosial :
Website :