Berita


Menuju Stop BABS, Kota Tasikmalaya Susun Peta Jalan Sanitasi

Sekretariat PMU PPS 21 Oktober 2019
 Mandat Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) 2030 terkait penyediaan akses sanitasi aman bagi semua berhasil menginspirasi Kota Tasikmalaya untuk melakukan upaya percepatan capaian target, salah satu caranya melalui penyusunan peta jalan sanitasi.


Menjawab Dilema Provinsi dalam Fasilitasi Sanitasi

Klara Virencia 15 Oktober 2019
Nampak bahwa yang lazim di lapangan bukanlah perkara Pemprov yang tidak aktif. Selama ini Pemprov sudah bergerak, namun seringnya hal tersebut menjadi ranahnya kabupaten/kota.


Aksi Menuju Sanitasi Aman Ala Tasikmalaya

Sekretariat PMU PPSP 04 Oktober 2019
Seiring dengan komitmen Indonesia mencapai layanan sanitasi aman bagi semua di tahun 2030 mendatang, Kota Tasikmalaya turut melakukan upaya percepatan pembangunan sanitasi di daerahnya. Melalui gerakan "Robohkan Pacilingan", Kota Tasikmalaya optimis untuk merubah bahkan menghilangkan perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang masih terjadi. 


Kukuhkan Komitmen Kepala Daerah Lewat Deklarasi

Klara Virencia 03 Oktober 2019
Meski telah mencapai status ODF, nyatanya sejumlah daerah masih memiliki gap yang tinggi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 2030. Sebagai salah satu daerah yang menerima pendampingan implementasi SSK dari Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Ngawi sadar penuh akan hal ini. Pada sesi Coaching Clinic III, Rabu (25/9) lalu, Kabupaten Ngawi memaparkan langkah-langkah mengejar gap yang tertuang dalam paket kebijakan "NGAWI RAMAH". Tepat sebulan yang lalu, deklarasi paket kebijakan ini berhasil meraih komitmen Bupati Ngawi.


Memasuki Tahun Kedua STBM Award, Wilayah ODF Naik Hampir 100%

Hony Irawan, Klara Virencia 02 Oktober 2019
Dalam kurun waktu 1 tahun ini terjadi peningkatan kabupaten/kota ODF sebesar hampir 100%. Tahun lalu, sebanyak 23 kabupaten/kota menerima penghargaan ODF dari STBM Award inisiasi Kemenkes ini. Dengan demikian hingga tahun ini, tercatat sebanyak 42 kabupaten dan kota dan 1 provinsi yang telah terverifikasi ODF.


Masyarakat Belum Merasa Butuh Sedot Tinja

Lenny Sebayang, Klara Virencia 01 Oktober 2019
Memasuki tahap pelaksanaan uji coba layanan sedot tinja, rupanya ada sejumlah hal yang perlu dipastikan untuk menjamin keberhasilannya. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar menerima pembelajaran ini, tatkala petugas mereka mendapat penolakan ketika hendak melakukan penyedotan kepada rumah tangga ujicoba L2T2.


CSS XIX, Tebarkan Semangat Pembagunan Sanitasi Untuk Kepala Daerah

Jejaring AMPL 01 Oktober 2019
Dalam sambutannya pada pembukaan CSS XIX, Bambang Brodjonegoro, Menteri PPN/Kepala Bappenas mengimbau dan mengajak semua pihak, terutama para kepala daerah untuk meningkatkan kondisi sanitasi di daerah mereka masing-masing yang diikuti pula dengan peningkatan kondisi air dan perbaikan kumuh. “Meski saat ini capaian terus mengalami peningkatan, namun hasilnya belum menunjukkan capaian optimal. Hal ini menunjukkan butuh upaya lebih dari semua pihak,” ujar Bambang di Hotel Rattan In, Kota Banjarmasin (24/09/2019).


Ramu Paket Kebijakan Khas Kedaerahan dengan Tagline Kreatif

Maria Katherina Gnadia Liandy 30 September 2019
Melalui sesi pendampingan implementasi SSK Coaching Clinic III, Rabu (25/9) lalu, Pokja Provinsi Jawa Timur menyimak paparan paket kebijakan khas kedaerahan serta rencana aksi tahun 2020 dari empat kabupaten/kota dampingannya. Agar dapat tersosialisasi di masyarakat, paket kebijakan yang diusung oleh Kota Probolinggo, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Situbondo pun hadir tagline yang kreatif.


Rangkaian Aksi Kabupaten/Kota Tingkatkan Sanitasi

Jejaring AMPL 26 September 2019
Tanggal 23-25 September 2019 tentunya akan menjadi momen tak terlupakan bagi Kota Banjarmasin. Betapa tidak, di tanggal tersebut acara City Sanitation Summit (CSS) ke-XIX digelar di kota dengan julukan Sungai Terindah ini, dimana sebagian besar kepala daerah dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) hadir untuk berbagi pembelajaran dan semangat dalam melakukan upaya pembangunan sektor sanitasi.


Bupati Tangerang: Manfaatkan Kisah Sukses Daerah Lain untuk Sukses Dua Periode

Klara Virencia 25 September 2019
Pada sesi berbagi pengalaman Kepala Daerah di forum City Sanitation Summit (CSS) XIX, Selasa (24/9) kemarin, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengimbau kepada sesama kepala daerah untuk tidak segan mencontoh kisah sukses dari daerah lain. Ia mengibaratkan program-program sanitasi ini seperti potongan 'puzzle'.