Berita


MOLAH GATI Inovasi Kota Mataram Tingkatkan Sanitasi

Samsul Huda 19 Agustus 2019
Komitmen Indonesia untuk menyediakan akses sanitasi aman bagi semua pada tahun 2030 nyatanya telah menjadi semangat berbagai pihak dalam meningkatkan akses sanitasi di wilayahnya, salah satunya seperti yang dilakukan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.


Terus Tingkatkan Kinerja, DIY Jadi Salah Satu Provinsi Capaian Air Minum dan Sanitasi Tertinggi

Sekretariat Pokja PPAS 15 Agustus 2019
“Semenjak ada air bersih dari Pamsimas, kehidupan saya menjadi lebih terbantu. Sebelumnya saya harus mengambil air dengan cara menggendong drigen yang berat dan berjalan kaki sejauh ± 1 KM. Namun setelah ada Pamsimas, saya dapat memenuhi kebutuhan minum, masak, mandi dan cuci dengan sangat mudah,” begitulah tutur Sarmini (35), salah seorang warga Desa Natah, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul kepada tim pemantuan dan evaluasi yang dipimpin Direktorat Perkotaan, Perumahan dan Permukiman (Dit. Perkotrumkim), Bappenas.


Air Minum di Ibukota Negara Baru

Sekretariat Pokja PPAS 09 Agustus 2019
1 Agustus 2019, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) kembali mengadakan Dialog Nasional Ibu kota Negara ke-3 dengan topik pembahasan tentang konsep masterplan dan strategi perencanaan kota, bangunan, serta lingkungan.


ProSDA: Fasilitator Pionir di Balik Model Pendampingan Implementasi SSK

Klara Virencia 31 Juli 2019
Usai hampir 8 tahun mendorong percepatan peningkatan akses dan pengembangan layanan sanitasi berkelanjutan melalui Program PPSP (Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman) Bappenas, para 'ProSDA' pun membagikan cerita sukses di 9 daerah pendampingan mereka.


'Collaborative Governance': Strategi Bulukumba Jaga Keberlanjutan Pengelolaan Persampahan

Yudi Wijanarko, Klara Virencia 04 Juli 2019
Pemerintah Kabupaten kini tengah menyiapkan kerangka keberlanjutan desentralisasi pengelolaan persampahan lewat strategi "Collaborative Governance". Strategi itu dirumuskan dalam Workshop Exit Strategy Keberlanjutan Pengelolaan Persampahan di Kabupaten Bulukumba, Kamis (27/6) kemarin.


Ibu Kota Baru Diyakini Akan Tingkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi

Sekretariat Pokja PPAS 02 Juli 2019
Kementerian PPN/Bappenas kembali mengadakan Dialog Nasional Ibu Kota Negara di Ruang Djunaedi Hadisumarto pada 26 Juni 2019. Dalam pidatonya, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) akan dilakukan dengan standart internasional dan dijalankan dengan tata kelola pemerintahan yang efisien dan efektif. Menurutnya, pemidahan IKN akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional.


‘Aditama & Adisembada’, Adaptasi Adipura untuk Monev Tingkat Lokal

Klara Virencia 01 Juli 2019
Meski sudah sembilan kali berturut-turut menerima penghargaan Adipura kategori kota kecil, Kabupaten Indramayu tidak lantas berpuas diri. Tahun ini, Kabupaten Indramayu menggelar ajang apresiasi Aditama dan Adisembada untuk menilai kebersihan & keindahan lingkungan di tingkat desa dan kecamatan.


Studi Banding ke Muara Enim, 'Kabupaten Sanipura & Kota Adipura'

Yayat Hidayat, Klara Virencia 01 Juli 2019
Rabu (1/11) lalu, Pemkot Tangerang selatan (Tangsel) dari Provinsi Banten sengaja mendatangi Pemkab Muara Enim untuk studi banding program sanitasi. Pemkot Tangsel mengaku, timnya berniat meningkatkan layanan sanitasi di daerahnya dengan belajar langsung dari 'ahlinya'.


Palembang Sukses Raih Dana Alternatif 500 Milyar untuk Bangun IPAL

Yayat Hidayat 01 Juli 2019
Sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang memperoleh dana hibah dari Pemerintah Australia, kota Palembang mendapat bantuan dana sebesar 500 milyar rupiah untuk membangun IPAL seluas 5,7 hektar dengan target rampung tahun 2020.


Walikota Palembang Turun Tangan Bersihkan Kota Lewat Program Mingguan

Bappeda Litbang Kota Palembang & Yayat Hidayat 01 Juli 2019
Di berbagai situasi, memimpin dengan memberi contoh memang jalan terbaik. Tak terkecuali untuk urusan sanitasi. Minggu (5/11), Walikota Palembang H. Harnojoyo terjun langsung bersama aparat pemerintahan dan masyarakat di Kelurahan 9-10 Ulu, Kecamatan Jakabaring, untuk membersihkan daerah pinggir Sungai Musi.