Air Minum dan Sanitasi Untuk Semua


01 Maret 2019
Sebagai salah satu sasaran SDGs, isu air minum dan sanitasi juga dikupas tuntas dalam konferensi SDGs tahun 2018 ini.
Peningkatan akses air minum dan sanitasi aman menjadi mandat yang harus tercapai bagi seluruh rakyat Indonesia pada tahun 2030 mendatang.
Keseriusan pemerintah dalam mencapai target ini pun terlihat dari tertuangnya target tersebut dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 melalui akses universal (100% akses) air minum dan sanitasi layak.
Berdasarkan data Kor Susenas 2017, capaian akses air minum baru menyentuh angka 59,07%, sedangkan sanitasi di angka 76,91%. Dari data tersebut diketahui, lebih dari 28 juta rumah tangga di Indonesia belum mendapatkan akses air minum layak dan lebih dari 18 juta rumah tangga belum terlayani akses sanitasi layak.
Meski capaian air minum dan sanitasi terus mengalami peningkat, kondisi ini menunjukkan percepatan tetap harus dilakukan. Bukan hanya untuk mewujudkan target akses universal saja, namun untuk memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan air minum dan sanitasi aman kedepan.
Sebagai salah satu langkah menuju percepatan, dalam konferensi SDGs kali ini Kelompok Kerja Perumahan, Permukiman Air Minum dan Sanitasi (Pokja PPAS) dibawah koordinasi Direktorat Perkotaan, Perumahan dan Permukiman, Bappenas bersama dengan USAID IUWASH Plus mengadakan sesi paralel dengan tema "Menuju Akses Air Minum dan Sanitasi Perkotaan yang Aman dan Berkelanjutan"�, dimana sesi ini disampaikan oleh para narasumber professional yang kompeten di bidangnya.
Tujuan dari sesi tersebut ialah untuk memberikan pemahaman dan juga informasi kepada semua pihak terkait, termasuk pemerintah dan masyarakat atas berbagai aspek yang perlu diperhatikan untuk mendorong percepatan peningkatan capaian air minum dan sanitasi.
Sesi ini juga diharapkan dapat memberikan masukan untuk menjawab tantangan pembangunan sektor air minum dan sanitasi kedepan.
Tidak hanya menghadirkan talkshow dan market place yang menarik dalam sesi paralel saja, Pokja PPAS dan USAID IUWASH PLUS juga memberikan informasi tentang fakta- fakta air minum dan sanitasi pada booth pameran SDGs. Harapannya sosialisasi dan promosi air minum dan sanitasi yang dilakukan ini bisa memberikan tambahan informasi pada semua peserta maupun tamu undangan akan pentingnya akses air minum dan sanitasi. Selain itu juga turut menyadarkan akan pentingnya kolaborasi semua pihak terkait, termasuk pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama mencapai target air minum dan sanitasi aman

Penulis : cheerli
Organisasi/Jabatan : pokja PPAS
Media Sosial :
Website :