Indonesia Terbebas Dari Sampah Plastik, Kata Siapa?


Pertanyaan tersebut tercetus dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, bersama dengan VERRA, AQUA, dan sejumlah mitra lainnya. Webinar dengan tema Gagasan Baru Solusi Pengurangan Sampah Plastik ini bertujuan untuk menilai persoalan sampah yang belum terselesaikan termasuk kecenderungan peningkatan timbunan sampah plastik di Indonesia.

Dalam sesi sambutan, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 KLHK, Rosa Vivien Ratnawati menyampaikan sejak tahun 2010 hingga 2021 timbunan sampah di indonesia meningkat dari awalnya 11% menjadi 17% di tahun 2021. Atau bertambah 6% dalam periode 11 tahun. Lanjut Rosa, pada tahun 2021 diperkirakan jumlah sampah indonesia telah mencapai 68,5 juta ton. Ia menilai jumlah tersebut tak lepas dari gaya hidup dan pola konsumsi masyarakat Indonesia yang terbiasa menggunakan jenis plastik sekali pakai.

“Selanjutnya dengan meningkatnya jumlah sampah plastik, tentunya harus diadakan kebijakan dan upaya luar biasa untuk mengatasi persoalan tersebut bahkan dari hulu hingga ke hilir,” sebutnya. 

Salah satu solusi yang tengah diupayakan adalah melalui
plastic credit. Sebuah platform yang mendata sampah plastik senilai 1 ton yang dikumpulkan atau didaur ulang, untuk dapat dijual kembali. Inisiatif ini diharapkan dapat mengatasi timbunan sampah dan bersifat saling memberi manfaat antara masyarakat, produsen, dan pemerintah.

Menambahkan, Direktur Pengurangan Sampah KLHK, Sinta Saptarino Sumiarno mengatakan peningkatan jumlah sampah plastik di tingkat rumah tangga juga disumbang oleh peningkatan aktivitas bisnis online yang banyak menggunakan bahan plastik dalam pengemasan barang.

Sinta menyarankan produsen manufaktur melakukan redesain pada kemasannya, sehingga dapat menerapkan sistem penjualan isi ulang tanpa kemasan sekali pakai agar meminimalisir angka peningkatan pada timbunan sampah kemasan.

Berbagai inisiatif tersebut, diharapkan dapat membantu Indonesia untuk terbebas dari timbunan sampah plastik.