Kaum Ibu Jadi Andalan untuk Kurangi Sampah Hingga ke Sumber

OGAN ILIR — Kamis, 23 November 2017

Setelah terjadi di Nusa Tenggara Barat, kini di Sumatera Selatan pun kaum ibu kembali jadi andalan untuk pengurangan sampah hingga ke sumbernya.

Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan bersama Tim Penggerak PKK menggelar acara "Kampanye Pengelolaan Sampah", Kamis (23/11) lalu. Acara ini ditujukan kepada perwakilan anggota PKK dari 3 kecamatan: Kecamatan Indralaya Induk, Indralaya Selatan, dan Indralaya Utara.

Acara tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Ogan Ilir Ilyas Panji Alam. Ibu Bupati sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK, Melly Mustika, bertindak sebagai salah satu narasumber pada acara tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kab. Ogan Ilir, Ir. M. Badrun Priyanto, M.T. menyampaikan, keterlibatan Tim PKK dalam acara ini bukannya tidak beralasan. Dengan jumlah anggota yang tersebar di seluruh desa, kelompok PKK dinilai mampu memberikan pengaruh positif bagi upaya Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir mengurangi sampah dari 'sumbernya' atau sejak dari rumah tangga. Melalui bantuan mereka, ajakan pengelolaan sampah di tahapan pemilahan bisa berjalan efektif. Ide ini pun ditegaskan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Melly Mustika melalui paparannya yang berjudul "Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat."

Di kesempatan yang sama, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Ogan Ilir juga menggagas program "1 Kelurahan 1 Bank Sampah ". Selain menjadi solusi penanganan sampah, program ini diharapkan mampu merangsang perubahan perilaku serta pola pikir masyarakat tentang masalah persampahan. Demi membantu percepatan penanganan sampah di Kabupaten Ogan Ilir, untuk ke depannya Dinas Lingkungan Hidup berkomitmen akan selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak yang dinilai dapat membantu percepatan penanganan sampah di Kabupaten Ogan ilir. Baik itu dari internal pemerintah daerah seperti tim PKK, ataupun pihak luar seperti pihak perusahaan yang memiliki konsentrasi akan penanganan sampah.


Sumber: Yayat Hidayat
Tulisan: Kabid. Pengelolaan Sampah, Limbah B3, dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Ilir Octafiandy, S.T., M.T.
Suntingan: Klara Virencia


***