Kejar Capaian Universal Akses, Pokja PPAS Nasional Gelar Lokakarya RPJMN


01 Maret 2019
Kelompok Kerja Perumahan, Permukiman, Air dan Sanitasi (Pokja PPAS) Nasional berkolaborasi dengan USAID IUWASH Plus hari ini (1/10/18) tengah melaksanakan Lokarkarya Background Study RPJMN IV dan Penguatan Pokja PPAS di Hotel Four Point, Medan, Sumatera Utara.

Acara yang berlangsung selama sehari penuh ini merupakan salah satu upaya untuk mengumpulkan isu tentang pelaksanaan kebijakan nasional dan daerah, identifikasi inovasi daerah dalam mencapai target sektor perumahan, permukiman, air minum dan sanitasi, serta mendiskusikan peran Pokja PPAS di masa mendatang.

"Selain itu, lokakarya ini juga menjadi forum untuk menjaring masukan bagi rencana kerja lima tahun kabupaten/kota dalam rangka mencapai target dan mandat yang telah ditetapkan," kata Sabrina, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Pada sesi pemberian arahan, Sekda mengimbau pada seluruh peserta agar memberikan masukan dan berbagi informasi dalam pelaksanaan program, maupun terkait kondisi pendanaan untuk pencapaian target di sektor perumahan, permukiman, air dan sanitasi. "Mari kita maanfaatkan acara ini untuk saling bertukar informasi, sehingga pencapaian target dapat berhasil dengan maksimal," jelasnya.

Kemudian dia menambahkan, diharapkan setelah acara ini semua pihak terkait bisa saling meningkatkan komitmen untuk mendukung capaian sektor permukiman, perumahan, air dan sanitasi.

Diharapkan juga semua pihak bisa meningkatkan koordinasi dan kolaborasi. "Dengan berkolaborasi yang baik, insya allah semua target bisa terlealisasi dengan baik juga," tambah Sabrina.

Untuk mendukung capaian 100% akses di sektor-sektor tersebut, salah satu upaya yang bisa dilakukan daerah ialah, memastikan sektor perumahan, permukiman, air minum dan sanitasi masuk dalam standart pelayanan minimum daerah.

Dia akhir sesi, Sabrina pun berpesan agar memasukkan isu gender dalam penyediaan akses air minum dan sanitasi kepada masyarakat, sehingga nantinya semua masyarakat bisa terlayani dengan baik

Penulis : cheerli
Organisasi/Jabatan : pokja PPAS
Media Sosial :
Website :