Kolaborasi Menuju Kabupaten Bantul Bersih Sampah 2020


14 Februari 2020



Menjadikan Bantul sebagai daerah bersih dan bebas sampah merupakan salah satu cita-cita dari pemerintah Kabupaten Bantul di tahun 2020. Berkaitan dengan itu, pada 11 Februari lalu, bertempat di Pendopo Manggala Parasamya 2, Pemda Bantul meluncurkan kegiatan Percepatan Bantul Bersih Sampah 2020 dan Pembangunan Lingkungan Hidup yang melibatkan berbagai pihak, termasuk TNI dan Polri.

Sebagai bentuk dari keseriusan komitmen, kolaborasi ditandai dengan penandatanganan nota kesepahama antara pemerintah daerah yang diwakilkan oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, komando distrik militer 0729 Bantul yang diwakilkan oleh Komandan Kodim 0729 Letnal Kolonel Kab. Didi Carsidi, S. Sos., M.I. Pol, dan kepolisian resort Bantul yang diwakilkan oleh AKBP Wahcyu Tri Budi Sulistiyono, S.I.K.

Pada peluncuran program tersebut dikatakan bahwa kolaborasi dengan TNI dan Polri ini dilakukan demi mewujudkan visi Kabupaten Bantul untuk menciptakan masyarakat yang sehat, cerdas, dan sejahtera yang berdasarkan nilai-nilai agama, kemanusiaan dan kebangsaan.

Terkait isu persampahan, memang masih menjadi tantangan tersendiri bagi Kabupaten Bantul karena jumlah volume sampah yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dalam Jastrada Persampahan Kabupaten Bantul disebutkan bahwa jumlah potensi volume sampah di tahun 2020 sebesar 210.880 ton/tahun yang artinya mengalami kenaikan dari tahun 2019 yang hanya diangka 207.641 ton/tahun.

Seperti diketahui, sampah merupakan persoalan kompleks yang harus dikelola dengan baik secara sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan. Maka dari itu, penangananya harus dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan semua unsur, mulai dari pihak swasta, lembaga swadaya masyarakat, komunitas, hingga TNI dan Polri.

Untuk menunjang kegiatan tersebut TNI dan Polri akan dibekali dengan “Modul Pengelolaan Sampah Dalam Rangka Percepatan Bantul Bersih Sampah 2020” yang disusun oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul dan digunakan sebagai buku pedoman untuk melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada masyarakat sehingga program kegiatan bantul bersih sampah 2020 bisa tercapai.

Harapannya kegiatan ini bisa mendapatkan dukungan dari semua stakeholder, sehingga bisa menjadi titik awal dimulainya kerjasama Pemerintah Kabupaten Bantul dengan TNI dan Polri. Diharapkan pula kegiatan ini bisa menginspirasi kabupaten lain di Indonesia dalam mengatasi pengurangan sampah dari sumbernya.



Penulis : Rinaldi
Organisasi/Jabatan : PFI Daerah Istimewa Yogyakarta
Media Sosial :
Website :