Penghargaan Sanitasi, Gerilya Ogan Ilir di Tengah Wabah COVID-19

Dalam suasana menghadapi wabah Virus Corona (COVID-19), pembangunan sanitasi di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, terus berjalan pantang mundur.

Dalam rapat terbatas yang dilaksanakan pada hari Selasa (31/3/2020), Bupati Ogan Ilir dan beberapa perwakilan dari OPD memberikan anugerah tertinggi kepada desa/kelompok masyarakat yang telah mendukung kinerja pembangunan sektor air minum, pengelolaan persampahan, dan air limbah domestik yang diberi nama “Caram Seguguk AMPL Award Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2020”.

Sesuai dengan anjuran untuk menjaga jarak, maka pemberian anugerah ini dilakukan melalui video conference, sehingga para penerima penghargaan tidak perlu hadir langsung. Penghargaan ini juga dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2021 yang bertempat di ruang rapat Bupati kabupaten Ogan Ilir.

Adapun tujuan dari penghargaan ini antara lain:

  • Mendorong desa/kelompok masyarakat meningkatkan akses layanan air minum dan sanitasi layak;
  • Mendorong desa/kelurahan serta kecamatan agar menyiapkan aspek regulasi, kelembagaan, pendanaan, infrastuktur air minum dan sanitasi serta inovasinya;
  • Meningkatkan keterlibatan multisektor dalam pembangunan air minum dan sanitasi.

Adapun aspek penilaian dari  Caram Seguguk AMPL Award Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2020” antara lain: sumber pendanaan (dana desa dan sumber lainnya csr, hibah dll), infrastuktur, regulasi, implementasi advokasi dan promosi, implementasi monitoring dan evolasi, serta inovasi. Di antara sekian banyak aspek ini, aspek inovasi dan pendanaan memegang bobot penilaian terbesar.

Dari beberapa usulan desa  yang mewakili 16 kecamatan, ditunjuk masing-masing 3 pemenang untuk Kategori Desa dan Kategori Komunitas.

Pemenang Kategori Desa antara lain :

  1. Desa Seri Jabo - Kecamatan Sungai Pinang, sebagai “Desa dengan Inovasi Terbaik dalam Pemanfaatan Dana Desa untuk Kegiatan AMPL”;
  2. Desa Payakabung - Kecamatan Indralaya Utara, sebagai “Desa dengan Inovasi Terbaik dalam Pemanfaatan Dana CSR untuk Kegiatan AMPL”; dan
  3. Desa Seri Dalam - Kecamatan Tanjung Raja, sebagai “Desa dengan Inovasi Terbaik dalam Peningkatan Capaian Akses Air Minum” 

Sedangkan untuk Kategori KOMUNITAS , penghargaan diberikan kepada

  1. KP-SPAMS GAMBIR, Desa Seri Dalam – Kecamatan Tanjung Raja, sebagai “Komunitas Pengelola Air Minum dengan Inovasi Terbaik Bidang Peningkatan Pelayanan;
  2. KP-SPAMS SABMAS MANDIRI, Desa Payakabung – Kecamatan Indralaya Utara, sebagai “Komunitas Pengelola Air Minum dengan Inovasi Terbaik Bidang Kelembagaan ; dan
  3. KP DOA BERSAMA, Desa Senuro Timur – Kecamatan Tanjung Batu, sebagai “Komunitas Pengelola Persampahan dengan Inovasi Terbaik Bidang Pendanaan”.

 

Lewat ajang penganugerahan ini, memancing semangat antusiasme desa/kelurahan menjadi salah satu cara mendorong pencapaian akses universal. Pencapaian akses universal pun sejalan dengan cita-cita pemenuhan kebutuhan sanitasi dan air minum sebagai hak dasar masyarakat untuk hidup yang lebih baik.  

Ke depannya, penghargaan ini diharapkan dapat memicu seluruh aparatur desa/kelurahan dan juga segenap lapisan masyarakat untuk berpartisipasi mendukung gerak roda pembangunan sektor AMPL di Kabupaten Ogan Ilir.