Pengumuman Tes Rekrutmen Fasilitator Provinsi Program PPSP 2020

  1. Tes Rekrutmen PFI merupakan salah satu prasayarat dalam proses rekrutmen Fasilitator Provinsi Program PPSP tahun 2020 yang diselenggarakan secara daring.
  2. Pada tahun ini, akan dibuka rekrutmen Fasilitator Provinsi Program PPSP tahun 2020 di 10 provinsi: Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan.
  3. Tes ini terdiri atas 2 (dua) jenis tes yaitu Tes I (Tes Pilihan Ganda) dan Tes II (Tes Presentasi via Video). Pengerjaan kedua jenis tes dilakukan secara bertahap. Pengerjaan tes di luar periode rekrutmen PFI tidak berlaku.

  4. Peserta hanya diberi kesempatan mengerjakan Tes I dan II 1 (satu) kali. Jika diketahui terdapat peserta yang melakukan tes lebih dari 1 (satu) kali, maka nilai dari pengerjaan tes yang pertama akan dihitung.
Silahkan baca dan cermati instruksi dua tes berikut : 

Tes 1
  • Periode pengerjaan tes I ialah 5-15 Februari 2020.
  • Tes I terdiri atas 25 pertanyaan terkait penyusunan/pemutakhiran SSK, implementasi SSK, serta kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan sanitasi permukiman.
  • Tes kognitif I ini merupakan tipe soal pilihan ganda.
  • Anda diperkenankan untuk dapat memilih jawaban sebanyak satu atau lebih dari satu yang dirasa anda adalah jawaban yang tepat.
  • Peserta hanya dimungkinkan mengerjakan Tes I 1 (satu) kali. Jika diketahui terdapat peserta yang melakukan tes lebih dari 1 (satu) kali, maka panitia hanya akan mengambil nilai dari pengerjaan tes yang pertama. Pengerjaan tes diluar periode yang ditetapkan tidak akan dinilai
  • Isikan data diri secara lengkap. Jika anda tidak mengisi data lengkap, maka anda akan didiskualifikasi. Pastikan nama dan alamat e-mail diisi dengan benar. Alamat e-mail akan digunakan untuk kepentingan pengiriman TANDA KELULUSAN.
  • Baca instruksi tes yang tersedia pada halaman tes secara perlahan sebelum memulai mengerjakan soal. Cermati soal dan pilih jawaban yang tersedia.
Tidak terdapat batasan waktu dalam pengerjaan tes, namun peserta diharuskan menyelesaikan tes dalam kurun waktu 12 jam untuk menghindari kesalahan dalam pembacaan hasil tes



Tes 2
  • Periode pengerjaan tes II ialah 18-22 Februari 2020
  • Tes II ini merupakan tes essay, dimana peserta harus menyampaikan jawaban dari pertanyaan yang ditanyakan melalui format video (.mp4 atau .avi) dengan maksimum durasi 7 menit.
  • Video essay tersebut harus menampilkan wajah peserta. Cara penyampaian jawaban dapat dilakukan bebas, sesuai kreativitas peserta. Perserta harus menjelaskan jawabannya dengan penyampaian yang jelas dan detail.
  • Tidak terdapat batasan waktu dalam pengerjaan tes. Pengerjaan tes diluar periode yang ditetapkan tidak akan dinilai.
  • Peserta hanya dimungkinkan mengirimkan video 1 (satu) kali. Jika terdapat peserta yang mengirim video lebih dari 1 (satu) kali, maka panitia hanya akan mengambil nilai dari video yang pertama diterima oleh panitia.
  • Beri judul video dengan format VIDEO TES PFI 2020_[NAMA LENGKAP PESERTA]. Pastikan nama yang dituliskan SAMA dengan data nama yang diisikan pada tes 1.
  • Kirim video (.mp4 atau .avi) kepada alamat email: piu.teknis.ppsp@gmail.com
  • Terdapat dua jenis contoh kasus dokumen Laporan Status Sanitasi (LSS) sektor Air Limbah Domestik dan Persampahan. Dua contoh kasus dokumen LSS tersebut silakan diunduh di sini:
LSS AIR LIMBAH DOMESTIK
LSS PERSAMPAHAN
  • Silakan pilih salah satu dokumen LSS tersebut sebagai soal yang akan dianalisa pada video essay. Pertanyaan yang akan dijawab oleh anda melalui video tersebut ialah:

a. Menurut anda, isu strategis (bab VI) apa yang anda dapat analisa dari data kondisi sanitasi kabupaten tersebut?

b. Menurut anda, rekomendasi (bab VI) apa yang anda dapat analisa dari data kondisi sanitasi kabupaten tersebut?

c. Menurut anda, kebijakan apa yang relevan untuk menjawab permasalahan sanitasi kabupaten tersebut berdasarkan isu strategis dan rekomendasi yang anda                kemukakan sebelumnya?


      5. Hasil tes berupa TANDA KELULUSAN akan disampaikan melalui alamat email masing-masing peserta selama periode 25-29 Februari 2020. Tanda kelulusan untuk disampaikan kepada Balai PPW sebagai lampiran berkas dalam proses rekrutmen.



Pertanyaan terkait pelaksanaan tes ini dapat disampaikan melalui e-mail piu.teknis.ppsp@gmail.com

Jaga Kebersihan Tangan Untuk Hindari Covid-19

Gigih Lubis, Cheerli, Aldy Mardikanto   30 Maret 2020

Hati-hati Tangki Septik Meledak!

Aldy Mardikanto    13 Maret 2020