Selamatkan Sungai Martapura, Banjar Mulai Program 'Penghapusan 1000 Jamban'

BANJAR — Selasa, 16 Januari 2018

Terbayangkah wujud sebuah sungai yang menampung 9 ton kotoran manusia setiap harinya, namun airnya juga dipakai untuk masak dan minum warga sekitar?

Itulah Sungai Martapura, yang melintasi Kabupaten Banjar dan kota Banjarmasin sekaligus. Sepanjang sungai ini, sebanyak 9000 buah jamban terapung berjejeran di pinggirannya. Jika satu orang mempraktikkan BABS dan melepas sekitar 1kg kotoran setiap harinya, tidak heran sungai ini tercemar berat.

Pemerintah Kabupaten Banjar pun berinisiatif menghapuskan jamban terapung dengan program 'Penghapusan 1000 Jamban'. Bersama dengan Ketua DPRD Banjar dan Kajari Banjar, Bupati Banjar H Khalilurrahman meresmikan Kick Off pembongkaran 1000 jamban tersebut pada Selasa (16/1) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, H Khalilurrahman menyampaikan apresiasinya terhadap kerja keras jajaran PUPR, aparat desa, dan tokoh masyarakat dalam mempersiapkan program penghapusan program jambang terapung ini.

Hari itu, Pemkab Banjar berhasil menghapuskan 100 jamban di 16 desa sekitar Martapura. Dengan program penghapusan jamban yang konsisten dilakukan setiap tahun, H. Khalilurrahman mengaku, ia optimis target 1.000 jambannya akan terpenuhi selama masa pemerintahannya.

Berita selengkapnya dapat dibaca di sini.




***