Panduan

Petunjuk Teknis Perencanaan Konsolidasi Tanah Tahun 2020

Direktorat Konsolidasi Tanah, Direktorat Jendaral Penataan Agraria Kementrian ATR   20 Januari 2020 92

Petunjuk Teknis ini berisi acuan dan kriteria – kriteria teknis yang memuat: dasar hukum, pengertian – pengertian, tujuan dan sasaran, ruang lingkup, hasil kegiatan, dan tahapan pelaksanaan Perencanaan Konsolidasi Tanah serta dilengkapi dengan lampiran – lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Petunjuk Teknis...

Petunjuk Teknis Pelaksanaan Konsolidasi Tanah

Direktorat Konsolidasi Tanah, Direktorat Jendaral Penataan Agraria Kementrian ATR   20 Januari 2020 104

Konsolidasi Tanah merupakan salah satu kebijakan Pemerintah dalam rangka Penataan Kembali Penguasaaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (P4T). Konsolidasti Tanah juga dapat digunakan sebagai instrumen pendukung Reforma Agraria dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup rakyat, menjamin kesediaan tanah bagi berbagai kebutuhan kegiatan pembangunan serta meningkatkan ...

Panduan Fasilitasi Pembangunan Sanitasi Permukiman

PMU PPSP   02 November 2020 71

Panduan ini disusun untuk memandu pokja provinsi dan pokja kabupaten/kota melakukan percepatan implementasi pembangunan sanitasi di daerah. Dengan fokus pada peningkatan akses dan penyediaan layanan sanitasi berkelanjutan.

Panduan dan Pedoman Sarana CTPS

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan   10 September 2020 70

Panduan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)

Kementerian Kesehatan   03 Juli 2020 382

Dalam situasi pandemi COVID-19 dan penerapan adaptasi kebiasaan baru, agar dapat dikampanyekan pentingnya cuci tangan pakai sabun dan diharapkan setiap orang mudah untuk mengakses sarana cuci tangan pakai sabun.

Instrumen SSK 2020

PMU PPSP   26 Juni 2020 488

Manual Pengelolaan Program Pembangunan Percepatan Sanitasi Permukiman (MPP-PPSP)

sekretariat PMU PPSP   04 Juni 2020 835

Pedoman  ini bagi  semua  pihak terkait  di  tingkat  Pusat,  provinsi, maupun    kabupaten/kota    dalam merencanakan, menganggarkan, dan melaksanakan   kegiatan   terkait dengan pelaksanaan program PPSP 2020-2024 di pusat,  provinsi,  dan  kabupaten/kota masing-masing.

FINAL HASIL OLAH DATA ENVIRONMENTAL HEALTH RISK ASSESSMENT (EHRA) KEMENKES

PIU AE PPSP   20 Maret 2020 683

Studi Environmental Health Risk Assessment (EHRA) atau studi Penilaian Risiko Kesehatan Lingkungan merupakan salah satu dari beberapa studi primer yang harus dilakukan oleh Kelompok Kerja (Pokja) PPAS/AMPL/Sanitasi Kabupaten/Kota dalam penyusunan dan pemutakhiran Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota berdasarkan pendekatan Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman. Dalam pelaksanaan program PPSP di tingkat Pusat, Kementerian Kesehatan sebagai PIU AE mempunyai tugas dan fungsi yaitu memfasilitasi studi EHRA melalui peningkatan kapasitas bagi Pokja di daerah terkait studi risiko kesehatan lingkungan dan sanitasi.

Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan dan Permukiman Berbasis Hasil (Outcome)

Sekretariat Pokja PPAS   24 Februari 2020 1.234

Mengingat akan dimulainya RPJMN tahun 2020-2024 maka sangat penting untuk menata menata kembali data dan indikator yang akan digunakan dalam proses perencanaan, monitoring dan evaluasi. Berangkat dari itu, Bappenas berkerjasama dengan BPS, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Kementerian Dalam negeri dalam waktu dekat ini melakukan penyusun buku Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan dan Permukiman Berbasis Outcome. Harapannya buku ini dapat mendukung terwujudnya keselarasan indikator dalam pengukuran capaian pembangunan perumahan dan permukiman untuk mendorong sinergi dan kolaborasi antarpelaku, serta bisa menjadi panduan banyak pihak untuk merumuskan rencana kedepan sehingga berjalan optimal dan tepat sasaran.