Panduan

FINAL HASIL OLAH DATA ENVIRONMENTAL HEALTH RISK ASSESSMENT (EHRA) KEMENKES

PIU AE PPSP   20 Maret 2020 138

Studi Environmental Health Risk Assessment (EHRA) atau studi Penilaian Risiko Kesehatan Lingkungan merupakan salah satu dari beberapa studi primer yang harus dilakukan oleh Kelompok Kerja (Pokja) PPAS/AMPL/Sanitasi Kabupaten/Kota dalam penyusunan dan pemutakhiran Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota berdasarkan pendekatan Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman. Dalam pelaksanaan program PPSP di tingkat Pusat, Kementerian Kesehatan sebagai PIU AE mempunyai tugas dan fungsi yaitu memfasilitasi studi EHRA melalui peningkatan kapasitas bagi Pokja di daerah terkait studi risiko kesehatan lingkungan dan sanitasi.

Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan dan Permukiman Berbasis Hasil (Outcome)

Sekretariat Pokja PPAS   24 Februari 2020 220

Mengingat akan dimulainya RPJMN tahun 2020-2024 maka sangat penting untuk menata menata kembali data dan indikator yang akan digunakan dalam proses perencanaan, monitoring dan evaluasi. Berangkat dari itu, Bappenas berkerjasama dengan BPS, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Kementerian Dalam negeri dalam waktu dekat ini melakukan penyusun buku Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan dan Permukiman Berbasis Outcome. Harapannya buku ini dapat mendukung terwujudnya keselarasan indikator dalam pengukuran capaian pembangunan perumahan dan permukiman untuk mendorong sinergi dan kolaborasi antarpelaku, serta bisa menjadi panduan banyak pihak untuk merumuskan rencana kedepan sehingga berjalan optimal dan tepat sasaran.

Contoh LSS Persampahan

PMU   31 Januari 2020 320

Contoh LSS Persampahan

Contoh LSS Air Limbah

PMU   31 Januari 2020 310

Contoh LSS Air Limbah

Pedoman Penyusunan SSK 2018

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat   22 Januari 2020 108

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, Direktorat Pengembangan PLP selaku Project Implementation Unit (PIU) Teknis Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) bersama dengan Kelompok Kerja Pembangunan Perumahan, Permukiman, Air Minum dan Sanitasi (Pokja PPAS) Nasional telah menyusun Pedoman Penyusunan Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota Tahun 2018 yang diperuntukan sebagai panduan bagi Pemerintah Kabupaten/Kota yang sedang merencanakan penyusunan SSK.

Panduan Sosialisasi Masyarakat tentang SPALD-T

sAIIG   18 Oktober 2019 171

Panduan dan materi sosialisasi untuk mempromosikan manfaat serta keuntungan dari SPALD-T kepada masyarakat di Kabupaten/Kota. Panduan dan materi akan tersedia untuk 3 tahap (prakonstruksi, selama konstruksi, dan pascakonstruksi). Tersedia pula informasi spesifik mengenai gender, inklusi sosial, dan pelibatan masyarakat (GESI & CSE)

Panduan Praktis untuk Advokasi yang Efektif dan Inskusif untuk Pencapaian SGDs Goal 6

sAIIG   18 Oktober 2019 168

Buku ini berisi panduan praktis terkait bagaimana melakukan komunikasi secara efektif untuk berbagai target audiens, termasuk prinsip komunikasi inklusif yang dapat didedikasikan untuk kebutuhan penyandang disabilitas. Buku ini juga memberikan tips dan saran terkait advokasi yang inklusif dan berbasis data.

Panduan Advokasi untuk Pemerintah Daerah untuk Pencapaian SDGs Goal 6

sAIIG   18 Oktober 2019 217

Buku ini merupakan panduan advokasi dan komunikasi seputar “Sanitasi Aman”. Buku ini berisi informasi seputar Indonesia dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 6 (TPB 6), tips dan saran praktis terkait penyampaian TPB 6 kepada jajaran pemerintah, sektor swasta, organisasi masyarakat sipil, serta peran media dalam penyampaian kepada masyarakat.

Kompilasi Kebijakan Terkait Gender, Disabilitas, Perlindungan Anak dan Partisipasi Masyarakat

KIAT GESI   21 Mei 2019 287

Kompilasi ini dimaksudkan sebagai dokumen kerja, yang akan dimutakhirkan setiap tahun seiring dengan perubahan undang-undang, kebijakan dan peraturan.