Publikasi


USDP | 31 Juli 2019

Cerita Sukses 9 Daerah Dampingan USDP

Kumpulan banner presentasi cerita sukses kabupaten/kota & provinsi dari 9 daerah dampingan USDP-2 (Urban Sanitation Development Program-2). Pertama kali dipresentasikan pada acara "Berbagi Cerita Sukses Dari Daerah" di Hotel Ashley, 25 Juli 2019.


Badan Pusat Statistik | 18 Desember 2014

Data Statistik Kesejahteraan Rakyat 2013

Strategi pembangunan yang ditekankan pemerintah kali ini adalah perbaikan kualitas hidup masyarakat agar pencapaian pertumbuhan ekonomi lebih merata dan memadai, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. 


Badan Pusat Statistik | 18 Desember 2014

Data Indikator Pembangunan Berkelanjutan 2013

Meningkatnya kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu hakekat pembangunan. Pembangunan yang dilaksanakan selama ini cenderung memanfaatkan sumber daya alam dengan semena-mena sehingga menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan bahkan akhir-akhir ini kejadian kekeringan, banjir, pemanasan global dan perubahan iklim. Selain itu perilaku penduduk dalam penggunaan energi kurang efisien, membuang sampah sembarangan dan perilaku lainnya yang menjadi hambatan bagi terwujudnya pembangunan berkelanjutan.


Badan Pusat Statistik | 18 Desember 2014

Data Statistik Perumahan dan Permukiman 2013

Pembangunan perumahan dan permukiman memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan. Hal ini disebabkan pembangunan perumahan dapat mendorong mendorong pertumbuhan wilayah, pertumbuhan ekonomi daerah, mendukung pembangunan sosial budaya, dan memberikan efek multiplier terhadap sektor lain seperti penciptaan sosial budaya dan memberikan efek multiplier terhadap sektor lain seperti penciptaan lapangan kerja baik secara langsung  maupun tidak langsung.


Badan Pusat Statistik | 18 Desember 2014

Data Statistik Air Bersih 2008-2012

Data yang disajikan dalam publikasi ini merupakan hasil survey tahunan Perusahaan Air Bersih tahun 2012 yang merupakan kelanjutan dari penerbitan publikasi statistik air bersih di tahun-tahun sebelumnya. Data yang ditampilkan dalam buku ini berbentuk table-tabel statistik yang disertai ulasan deskriptifnya.


Puslitbang Permukiman, Kementerian Pekerjaan Umum | 28 November 2014

Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat dengan Pendekatan 3R

Sampah  merupakan suatu zat atau bahan dan benda yang berasal dari adanya aktifitas  manusia yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan, menurunkan kualitas lingkungan dan menurunkan estetika lingkungan. 


Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya | 28 November 2014

Biopori Teknologi Tepat Guna Ramah Lingkungan

Kajian ilmiah membuktikan bahwa setiap tahun permukaan tanah di Kota Bandung mengalami penurunan. Hal ini disebabkan sebagian besar masyarakat menggunakan air tanah sekitar 12.833 liter/detik sedangkan batas ambang maksimal 500 liter/detik.


Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum | 28 November 2014

Kelola Air Limbah kita

Leaflet ini menggambarkan kawasan dilarang BAB Sembarangan, membiasakan BAB tidak disembarang tempat, penggunaan kloset yang terhubung dengan septik tank yang kemudian secara teratur isi septik tank tersebut dikuras dengan menggunakan mobil tinja.


Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya | 28 November 2014

Pengolahan Sampah

Pengelolaan sampah dengan mengandalkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) saja tidak cukup, oleh karena itu harus ada usaha pengurangan dan pemilahan sampah dari sumbernya. Salah satu upaya yang dilakukan untuk pengurangan sampah yaitu dengan merubah pola hidup konsumtif (reduce), menggunakan kembali bahan-bahan yang potensial menjadi sampah dan bahan refill ( reuse) dan mendaur ulang melalui pembuatan kompos, daur ulang, waste to energy dan lain-lain (recycle).


Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya | 28 November 2014

Penyaringan Air

Saat ini masih banyak masyarakat menggunakan air minum yang tidak memenuhi standar kualitas, hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan, baik secara langsung dan cepat maupun tidak langsung dan secara perlahan. Untuk menanggulangi masalah tersebut salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengolah air tanah atau air sumur sehingga didapatkan air dengan kualitas yang memenuhi syarat kesehatan.