Newsletter AMPL, Juni 2012 "Rencana Pengamanan Air, Sungai Cikapundung"


Pengarang:Kelompok Kerja AMPL
Penerbit:Jakarta: Sekretariat Pokja AMPL, 2012; 8 hal
Tahun Terbit:2012
No. Klasifikasi:628.159.82 Kel r
Kata Kunci:Rencana Pengamanan Air (RPA), AMPL, Water Safety Plan (WSP), PPSP, Jambore Sanitasi, Koen Irianto, Sekolah
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Newsletter

Salah satu agenda nasional dalam peningkatan air minum yang memenuhi persyaratan kuantitas, kualitas, kontinuitas dan keterjangkauan yaitu Rencana Pengamanan Air (RPA). Salah satu daerah yang akan menjalankan program RPA ini adalah Jawa Barat tepatnya di Sungai Cikapundung yang kualitas airnya sudah banyak mengalami penurunan akibat dari pencemaran. Rencana ini merupakan upaya sejumlah kementrian yang tergabung dalam Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) yang didukung oleh Waspola Facility.
Untuk program ini Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas Nugroho Tri Utomo menyatakan bahwa diperlukan sebuah sinergi, komitmen dan agenda aksi lebih nyata dari seluruh pihak untuk mengamankan pasokan air minum melalui program RPA Indonesia yang mengadopsi dari konsep Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang dikenal dengan Water Safety Plan (WSP).

Disisi lain Newsletter AMPL ini mengetengahkan topik tentang antusiasme daerah di PPSP 2013, Program Pamsimas yang mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) di Morowali, jambore sanitasi 2012 yang diikuti oleh 198 peserta siswa-siswi SLTP dari 33 Provinsi di Indonesia, Sekolah  merupakan sasaran potensial promosi sanitasi, profil yang mengangkat Kerja keras ala Koen Irianto, publikasi dan agenda AMPL di bulan Juli 2012.