Pengelolaan Sampah

Permasalahan sampah di Indonesia masih menjadi hal yang perlu ditangani secara khusus. Pertambahan jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi dan kecepatan teknologi dalam menyediakan barang secara berlimpah menjadi faktor pencetus permasalahan sampah.  Selain itu tingkat kemakmuran, struktur dan pola hidup seseorang sangat berpengaruh pada komposisi dan jumlah timbulan sampah yang dihasilkannya. Untuk itu cara pencegahan sampahnya pun berbeda-beda.

Sampah dapat diolah untuk menghasilkan bahan baku melalui pemilahan, pengomposan pengepakan sebagai bahan bakar dan pyrolisisi untuk menghasilkan energi. Disamping itu sampah pun dapat di daur ulang dengan menggunakan cara 3R yang dirangkum dalam satu simbul gambar siklus panah membentuk segitiga. Pengolahan lainnya adalah sampah yang di fermentasi hingga menjadi biogas.

Yang tidak kalah pentingnya dalam pengelolaan sampah ini adalah tempat pembuangan akhir dan biaya untuk pengelolaan sampah baik untuk operasional, perawatan (maintenance), investasi dan umur perangkat.