Panduan Pelaksanaan Konstruksi Teknologi Tepat Guna di Sekolah

Buruknya kondisi air dan  sanitasi serta rendahnya perilaku hidup bersih dan sehat  (PHBS) menjadi salah satu pemicu meningkatnya kasus penyakit berbasis lingkungan seperti penyakit kulit, diare, tipus dan lainnya.  Hal ini tidak hanya terjadi di masyarakat,  melainkan terjadi juga di sekolah-sekolah yang tidak menerapkan PHBS  dengan baik, padahal anak-anak merupakan aset untuk meneruskan perjuangan bangsa.

Untuk itu Dubai Cares bersama Pemerintah Indonesia melalui WISE Project di 420 sekolah yang berada di 6 Kabupaten yang menyebar di 4 provinsi yang terletak di Indonesia Timur mengimplementasikan konsep WASH in school. Wise Project ini dilaksanakan oleh sebuah konsorsium yang beranggotakan beberapa NGO yaitu Unicef, Care International dan Save The Children. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa sekolah dasar menerapkan pola hidup bersih dan sehat yang secara tidak langsung diharapkan dapat diterapkan dilingkungan masyarakat. Selain itu program ini juga membantu memberikan model konstruksi yang tepat guna dengan tetap memperhatikan konsep ramah lingkungan, ramah anak, sensitifitas jender dan lainnya.

Buku ini merupakan panduan dalam melaksanakan konstruksi teknologi tepat guna di sekolah untuk memastikan perubahan perilaku terhadap praktek-praktek kebersihan yang berkelanjutan serta penggunaan fasilitas sanitasi yang baik dengan menggunakan metode pembelajaran dari anak ke anak dengan cara yang menyenangkan. Dalam semua proses pelaksanaanya, program  ini selain melibatkan anak-anak, juga mengajak para guru, orang tua dan masyarakat.

Selain konsep konstruksi teknologi tepat guna, buku ini menjabarkan tahapan persiapan pelaksanaan program, tahapan pelaksanaan konstruksi berbasis teknologi tepat guna, monitoring & evaluasi derta lampiran-lampiran terkait dengan program ini.