Ketrampilan Teknik Plambing (Masalah Instalasi Air Kotor)


Pengarang:Daryanto
Penerbit:Bandung: Satu Nusa, 2010; x, 196 hal + gambar, 21 cm
No. Klasifikasi:696.13 Dar k
Kata Kunci:Sejarah Plambing, Air Kotor, Pipa Pembuangan Air Kotor, Peralatan Saniter, Pembersihan Air Kotor, Sanitasi
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Buku ini menitik beratkan bahasannya pada permasalahan konstruksi instalasi pipa pembuangan air kotor pada gedung bertingkat dan proses pengolahan air kotornya. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi terkait dengan teknik plambing dan semakin meningkatnya pembangunan gedung-gedung bertingkat baik perkantoran, hotel maupun kondominium.

Terdapat tiga bagian pokok instalasi pembuangan air kotor yaitu instalasi pipa air kotor, pipa saluran bagunan dan pipa drainase kota. Dimana instalasi pipa air kotor dipasang di dalam rumah atau gedung untuk menampung buangan air kotor dari pipa saniter, pipa ini terhubung ke pipa saluran bangunan air kotor yang kemudian langsung disalurkan ke pipa drainase kota.  Pipa drainase kota ini mengalirkan air kotor langsung ke instalasi pengolahan limbah.

Selain membahas tentang instalasi air kotor termasuk peralatannya dan  pemasangan alat saniter, buku ini membahas pula tentang sanitasi khususnya yang berhubungan dengan saluran pembuangan.