Petunjuk Teknis Perencanaan Pengembangan SPAM Perdesaan Program Pendampingan SPAM Perdesaan Dengan Pola KKN Tematik


Pengarang:Danny Sutjiono (kata pengantar)
Penerbit:Jakarta : Ditjen Cipta Karya, 2014
Sumber:Ditjen Cipta Karya
Halaman:23 hal ; 29 cm
No. Klasifikasi:623.854 Pam p
Kata Kunci:SPAM Perdesaan, Pola KKN Tematik, Air Minum, Pendampingan Masyarakat
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL No Telp.(021) 31904113
Kategori:Laporan/Prosiding

Air merupakan kebutuhan utama kehidupan yang seharusnya dapat dengan mudah diperoleh masyarakat. Namun pada kenyataannya, masih banyak yang belum mendapatkan air layak untuk minum terutama masyarakat berpenghasilan rendah di perdesaan.  Untuk itu pemerintah melakukan terobosan dalam upaya pemenuhan kebutuhan air minum di perdesaan secara berkelanjutan melalui program pengembangan sistem penyediaan air minum SPAM perdesaan yang berusaha menyediakan air minum bagi masyarakat di perdesaan melalui pendekatan berbasis masyarakat.

Pengelolaan SPAM perdesaan seringkali dirasakan tidak optimal disebabkan pendampingan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan belum dapat menyentuh secara langsung aspek partisipasi masyarakat.  Selain itu untuk memastikan sarana terkait dengan pembangunan SPAM sudah dibangun, tetap dirawat, dimanfaatkan, dan dikelola dengan baik secara berkelanjutan pemerintah memberikan perhatian penuh.

Oleh karena itu buku ini diterbitkan sebagai salah satu upaya untuk menjadi panduan atau pedoman dalam melaksanakan program pendampingan kepada masyarakat, memberikan petunjuk teknis dalam perencanaan, pengoperasian dan pemeliharaan SPAM Perdesaan serta memantau proses pendampingan masyarakat.

Buku ini selain digunakan oleh para kader yang terkait dengan penyediaan air minum SPAM Perdesaan, juga dapat digunakan para mahasiswa yang melaksanakan kuliah kerja nyata sebagai wujud nyata pelaksanaan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat dalam upaya pemenuhan kebutuhan air minum di perdesaan.