Waspola Facility, Penyelamatan Air Indonesia , Adopsi Konsep World Health Organisastion, Konsep uji coba

Pengamanan air merupakan usaha pencegahan dan perlindungan serta pengendalian pasokan air minum bagi masyarakat. Pengamanan air ini ditujukan dalam menjamin aspek kualitas, kuantitas, kontinuitas dan keterjangkauan (4K) yang berawal dari sumber hingga ke konsumen yang dilakukan bersama secara terpadu oleh berbagai pihak melalui pendekatan kerangka manajemen resiko untuk mencapai standar kualitas air yang diterima.

Maksud dari kegiatan uji coba pengamanan air ini yaitu mengembangkan dan menyempurnakan konsep awal pengamanan air yang sesuai dengan kebutuham masyarakat Indonesia. Adapun keluaran dari kegiatan ini adalah tersusunnya buku panduan pengamanan air Indonesia yang terdiri dari panduan pengamanan air-sumber, panduan pengamanan air-operator dan panduan pengamanan air-konsumen/komunitas.

Alternatif lokasi yang akan dijadikan tempat untuk melaksanakan uji coba ini adalah sgmen Sungai Cikapundung Bandung yang merupakan satu kesatuan wilayah daerah aliran sungai (DAS) mulai dari bagian hulu  sebagai representatif pilot pengamanan air untuk sumber, bagian tengah yang merupakan representatif pilot pengamanan air untuk  operator dan bagian hilir yang merupakan repersentatif pilot pengamanan air untuk konsumen/komunal.