Modul Pengelolaan Sampah & Limbah Cair Rumah Tangga


Pengarang:Otto Nodi Atyanto
Penerbit:Yogyakarta: UPKM/CD RS Bethesda Yogyakarta, 2011
Halaman:36 hal + gambar, 21 cm
No. Klasifikasi:363.728 Aty m
Kata Kunci:Modul, Sampah, Limbah Cair Rumah Tangga, Kesehatan Lingkungan,
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Laporan/Prosiding

Sampah rumah tangga dapat dikatakan sebagai salah satu masalah kesehatan lingkungan di masyarakat yang memerlukan perhatian serius tidak hanya oleh masyarakat itu sendiri akan tetapi juga oleh organisasi masyarakat, instansi terkait dan pemerintah. Tidak sedikit instansi atau organisasi masyarakat memfokuskan pekerjaannya untuk bidang ini. Hal ini terlihat dari banyaknya kader yang memberikan penyuluhan dan memfasilitasi masyarakat agar mengelola sampah dan limbah cair rumah tangga.

Pertumbuhan produksi sampah oleh aktifitas penduduk tidak mampu diimbangi oleh pertumbuhan kemampuan masyarakat dalam mengelola sampah sehingga penanganan masalah sampah rumah tangga semakin hari semakin rumit karena tidak diimbangi oleh pertumbuhan kemampuan masyarakat dalam mengelola sampah disamping buruknya perilaku individu dalam memperlakukan sampah dan masyarakat belum memiliki cara pandang baru dalam menyikapi sampah.

Kebutuhan penanganan permasalahan yang terkait dengan sampah dan limbah cair rumah tangga terasa mendesak untuk direalisasikan. Agar penanganan ini dapat berjalan dengan baik maka dibuatlah modul ini dengan harapan dapat menjadi salah satu alat pengubah perilaku dan informasinya menjadi pengetahuan orang banyak dari berbagai latar belakang sehingga tujuan menjadikan rumah tangga yang peduli pada kesehatan lingkungan agar tidak berubah menjadi bencana. Dimana isi dari modul ini meliputi mengenali sampah dan sumbernya di sekitar kita; sampah, dampak negatif dan solusinya; pengelolaan sampah dan limbah cair rumah tangga; mengubah sampah organik menjadi kompos; pengelolaan sampah organik dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.