Newsletter AMPL, Januari 2013 "Tantangan Tahun 2013, Tingkatkan Lagi Prioritas Sektor AMPL!"


Pengarang:Kelompok Kerja AMPL
Penerbit:Jakarta: Sekretariat Pokja AMPL, 2013
Halaman:8 hal +foto + Grafik + tabel; 30 cm
No. Klasifikasi:623.854.05 Kel t
Kata Kunci:Sektor AMPL, Nugroho Tri Utomo, Pemasaran Sanitasi, Air Bersih. Stop BABS (SBS), Banjir
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Newsletter

Newsletter AMPL merupakan media informasi Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan yang menyajikan informasi terkait dengan air minum dan penyehatan lingkungan atau sanitasi.  Edisi kali ini, diawali dengan hasil wawancara dengan Nugroho Tri Utomo Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas yang memaparkan empat tantangan bagi sektor AMPL pada tahun 2013 ini. Keempat hal tersebut adalah mendorong daerah agar menempatkan sektor air minum dan sanitasi sebagai prioritas dalam pembangunan daerahnya, memobilisasi sumber-sumber pendanaan yang ada untuk air minum dan sanitasi, adanya keberlanjutan dalam arti harus dapat memanfaatkan dan memelihara fasilitas air minum dan sanitasi yang telah dibangun serta yang terakhir adalah memastikan pembangunan sektor air minum dan sanitasi tetap on track untuk mencapai MDGs.

Selanjutnya pemberitaan mengenai Indonesia Water & Wastewater Expo & Forum (IWWEF) yang merupakan kegiatan konferensi, seminar dan diskusi seputar permasalahan air minum dan air limbah. Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Bidakara Jakarta pada 15-17 Januari 2013 ini dibuka oleh Wakil Presiden Budiono yang dalam sambutannya menyinggung peranan kepala daerah terkait penyediaan fasilitas dasar seperti air minum dan sanitasi bagi masyarakat. Di halaman lain dipaparkan dukungan Bank Syariah Mandiri dan IUWASH-USAID terhadap akses air bersih melalui pembiayaan mikro.

Selain yang terkait dengan air, newsletter kali ini menayangkan pula sektor sanitasi khususnya harapan terhadap hasil studi pemasaran sanitasi yang merupakan suatu model pendekatan dalam rangka mendorong percepatan perubahan perilaku sanitasi masyarakat. Disamping itu ada pula Dirjen PP & PL beri apresiasi Sumatera Barat untuk mempercepat SBS (Stop Buang Air Besar Sembarangan). Di bagian akhir berisi tren pemberitaan bulan Januari 2013 yaitu banjir di Ibukota yang menjadi fenomena dan publikasi yang diterbitkan Pokja AMPL serta agenda AMPL untuk bulan Februari 2013.