Newsletter STBM, edisi 12 Desember 2013 " Deklarasi 362 Desa STBM di TTS dan TTU Raih Rekor MURI"


Pengarang:Redaksi Newsletter STBM
Penerbit:Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2014
Halaman:4 hal ; 30 cm
No. Klasifikasi:363.720.5 Sek d
Kata Kunci:newsletter STBM, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Kabupaten Timor Tengah Utara, MURI, dokter kecil, jamban
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL No Telp.(021) 31904113
Kategori:Newsletter

Sebanyak 362 desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dan Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT) mencetak rekor baru Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai desa terbanyak yang mendeklarasikan komitmen untuk menyelenggarakan lima pilar Sanitasi Total Berbasis  Masyarakat (STBM). Melalui program STBM diharapkan masyarakan di dua Kabupaten (TTS dan TTU) tersebut terbebas dari kejadian luar biasa (KLB), penyakit diare. Dengan penerapan hidup sehat dan lingkungan yang sehat diharapkan dapat membantu pencapaian target Millenium Development Goals (MDG’s).

Seribu anak dari 20 SD yang berbeda di Kota Kendari mengikuti kompetisi cuci tangan pakai sabun lifebuoy di Pelataran Eks.MTQ. Kegiatan ini dilakukan setiap tahun di seluruh Indonesia dengan tujuan mengajarkan anak-anak, agar bisa mempengaruhi teman-temannya di sekolah agar berperilaku hidup sehat. Disamping itu kegiatan ini telah melahirkan dokter kecil yang dapat mengkampanyekan bagaimana hidup sehat dengan cuci tangan pakai sabun.

Jamban/WC atau toilet merupakan sarana sanitasi yang dibutuhkan oleh semua orang, baik laki-laki maupun perempuan serta anak-anak. Ketersediaan jamban merupakan kebutuhan pokok bagi kenyamanan seseorang dalam membuang kotoran setiap harinya. Atas dasar inilah muncul suatu kebutuhan baru akan jamban yang sensitif gender dan jamban yang ramah anak.