Panduan Pelatihan Dokter Kecil "Promosi Kesehataan Untuk Sekolah Dasar", Kumpulan Modul Kegiatan Pembelajaran Promosi Kesehtan di Sekolah Dasar November 2011

Perubahan perilaku hidup bersih dan sehat untuk siswa Sekolah Dasar adalah memaksimalkan peran dokter kecil.  Mereka bertugas untuk menyampaikan pesan –pesan higinitas, mengajak teman-temannya untuk menjalankan pola hidup bersih dan sehat serta menjadi teladan bersih dan sehat bagi siswa Sekolah Dasar lainnya.

Untuk menunjang pelaksanaan Dokter Kecil dalam menjalankan peran dan fungsi  mereka di sekolah maka disusunlah panduan bagi para fasilitator yang akan melakukan pelatihan bagi para dokter kecil.  Dengan menggunakan metode pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan para siswa yang mengikutinya.  Pelatihan dokter kecil ini  mengadopsi cara belajar secara cepat dengan menggunakan basis pengalaman hidup yang konkrit dan kontekstual dengan kehidupan sehari-hari berkaitan dengan kebersihan diri, kebersihan lingkungan dan kesehatan mulut dan gigi. Adapun prinsip belajar yang digunakan dengan melibatkan para siswa untuk mengamati, mendengar, merefleksikan, melakukan dan merayakan. 

Panduan pelatihan ini bisa dipergunakan oleh fasilitator yang berasal dari Staff Puskesmas, Staff Dinas Keseatan, Staff Dinas Pendidikan, Guru pengajar sekolah yang menfasilitasi pelatihan dokter kecil dan fasilitator pelatihan pendidik sebaya yang menfasilitasi kegiatan pendidik sebaya.