Newsletter AMPL, April 2012 "Strategi Perluasan dan Pengarusutamaan Program AMPL"

Terdapat berbagai topik tentang air minum dan sanitasi dalam Newsletter kali ini, diantaranya adalah upaya pengarusutamaan dan perluasan penyediaan air minum dan penyehatan lingkungan berbasis masyarakat (AMPL-BM) secara nasional. Upaya ini merupakan salah satu usaha pemerintah dalam mencapai target Millenium Development Goals (MDGs) untuk sektor air minum dan sanitasi yang dijalankan melalui Program  Nasional Penyediaan Air  Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).  Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan jumlah warga miskin dan pinggiran kota (peri-urban) agar dapat mengakses fasilitas air minum dan sanitasi yang layak serta meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Dalam kehidupan sehari hari, manusia tidak pernah terlepas dari air. Untuk mengingatkan masyakarat akan pentingnya air dilaksanakan Pekan Peringatan Hari Air Dunia (HAD) XX Tahun 2012 yang diisi dengan berbagai kegiatan di beberapa tempat, termasuk didalammya adalah pameran yang diselenggarakan 3-5 Mei 2012 yang diikuti lebih dari 40 instansi/perusahaan/lembaga.

Selain kedua topik diatas, dibahas pula sumur resapan untuk menampung air hujan, penerapan sanitasi sekolah secara partisipatif, Program Buang Air Besar Sembarangan Nol (BASNO) yang menjadi kebanggaan masyarakat Wawo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat dan catatan kunjungan Pokja AMPL Nasional ke Laos dalam pelaksanaan water safety plan, ditambah rubrik publikasi dan agenda AMPL bulan Mei 2012