Newsletter AMPL "Kondisi Air Minum dan Sanitasi Di Indonesia" ; Agustus 2013


Pengarang:Redaksi Sekretariat Pokja AMPL
Penerbit:Jakarta : Pokja AMPL, 2013
Halaman:7 hal ; 30 cm
Kata Kunci:Newsletter AMPL, air minum, sanitasi
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL No.Telp (021) 31904113
Kategori:Newsletter

Kian hari kondisi air minum dan san itasi di Indonesia semakin menunjukkan perkembangan yang positif. Terbukti dari kian banyaknya rumah tangga yang telah terpenuhinya akses terhadap air minum dan sanitasi layak. Data BPS menunjukkan sampai akhir 2012  sekitar  58,05 % masyarakat telah mendapatkan akses air minum layak dan 57,35 % rumah tangga sudah memiliki akses sanitasi layak.

Berbicara mengenai pemenuhan akses rumah tangga terhadap air minum dan sanitasi layak, sampai saat ini telah ada sejumlah upaya nyata yang dilakukan pemerintah. Upaya-upaya tersebut dikoordinasikan melalui Pokja Nasional. Di daerah koordinasi juga dilakukan di Pokja Provinsi maupun Pokja Kabupaten/Kota.

Adapun beberapa program pembangunan air minum dan sanitasi diantaranya Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP), Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas), Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) dan National Water and Sanitation Information Services (NAWASIS).