Lokakarya Pengembangan Horizontal Learning pada Pembangunan Air Minum & Penyehatan Lingkungan (AMPL). Hotel Aryadhuta Jakarta, 23 Agustus 2011

Pembelajaran horizontal merupakan suatu pendekatan yang berpegang pada prinsip dasar proses belajar yang setara berdasarkan hasil yang sudah terbukti dan diakui untuk mendorong inovasi lokal dalam pengadopsian.   Dalam konteks Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL), pembelajaran horizontal ini bertujuan untuk memberi ruang yang luas bagi para pelaku pembangunan untuk saling belajar topik topik tertentu yang relevan dari para pelaku yang telah berhasil melaksanakannya.

Berlatar belakang diatas, lokakarya yang tujuan untuk membangun kesepahaman bersama dari pemangku kebijakan dalam pembangunan AMPL mengenai konsep dan mekanisme. Pembelajaran horizontal yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Jakarta pada tanggal 23 Agustus 2011 ini mengemukakan mekanisme pembelajaran horizontal yang dilaksanakan dengan cara tukar informasi keberhasilan, studi banding, on the job training, materi-materi komunikasi yang diproduksi, review dokumen, studi banding, benchmarking, korespondensi, training, otodidak dan cetak buku pembelajaran.

Adapun hal penting dalam pembelajaran horizontal antara lain kesetaraan, semua adalah positif, keberlanjutan/tindak lanjut, metode dan pendekatan partisipatif, antar pihak saling membutuhkan, peran fasilitator, TOR yang disepakati dua belah pihak dan kesepakatan RTL yang disusun bersama.