Newsletter STBM, edisi 10 Oktober 2013 " Bersama Jokowi, Menkes Serukan Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)"


Pengarang:Redaksi Newsletter STBM
Penerbit:Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2013
Halaman:4 hal ; 30 cm
No. Klasifikasi:363.720.5 Sek b
Kata Kunci:newsletter STBM, Hari Cuci Tangan Pakai Sabun, KSAN, masyarakat Sampang
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL No Telp.(021) 31904113
Kategori:Newsletter

Kebiasaan cuci tangan pakai sabun kerap dianggap sepele, namun sangat penting dalam pencegahan penyakit. Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi tak bosan-bosan menyerukan agar kebiasaan ini ditanamkan sedini mungkin terutama pada anak-anak. Hal ini disampaikan pada puncak peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun yang ke-6 tahun 2013 di Plaza Barat Senayan, Minggu (20/10/2013).

Salah satu kegiatan konkrit yang dilakukan pemerintah untuk mengajak masyarakat peduli pada sanitasi dan air minum adalah menyelenggarakan Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN). Acara ini merupakan agenda nasional yang sekaligus memperkuat komitmen pembangunan air minum dan sanitasi di Indonesia. KSAN diselenggarakan 2 tahun sekali dan telah berlangsung tiga kali sejak 2007. Harapan dari penyelenggaraan KSAN nantinya dapat meningkatkan kepedulian dan sinergi semua pihak mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak swasta, serta masyarakat yang akan merasakan pentingnya sanitasi dan air minum.

Sekitar 63 persen masyarakat Sampang, Madura masih melakukan praktek Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan baru sekitar 33 persen yang memiliki tangki septik. Berdasarkan studi EHRA yang dilakukan PemKab Sampang menunjukkan, walaupun sudah banyak masyarakat yang menggunakan jamban, namun pembuangannya masih ke sungai dan sistem cemplung. Hal ini disebabkan oleh rendahnya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).