Newsletter AMPL Agustus-September 2012 "Galung Desa ODF Pertama di Kabupaten Barru"

Sampul depan Newsletter AMPL kali ini memaparkan kiprah Ahmad Suhada sebagai Kepala Desa yang peduli terhadap sanitasi di lingkungannya dengan mengambil keputusan menggunakan dana zakat untuk membangun jamban bagi masyarakatnya yang kurang mampu. Keputusan Ahmad ini disertai dengan pemicuan terkait dengan Community-Led Total Sanitation (CLTS) mendapat dukungan dari warganya dan pengusaha jamban yang memberikan harga relatif murah beserta pelayanan pemasangan jamban untuk konsumennya. Semua kegiatan ini dilaksanakan di Desa Galung yang terletak di lembah Gunung Lapancu mencapai klimaksnya dengan pendeklarasian Desa Galung sebagai Desa Open Defecation Free (ODF) pertama di Kabuupaten Barru Sulawesi Selatan.

Meskipun program advokasi tentang sanitasi dan Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) telah dilakukan berkali-kali namun dampaknya belum seperti yang diharapkan. Untuk itu diperlukan advokasi yang lebih intensif lagi agar sanitasi menjadi prioritas pembangunan dan tahapan PPSP dapat dilaksanakan sesuai wantu yang telah ditentukan. Hal ini merupakan salah satu hasil dari lokakarya Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Advokasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Penyehatan Lingkungan Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan yang dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2012.

Kedua topik diatas dapat ditemui di Newsletter AMPL edisi Agustus-September 2010.  Disini dipaparkan pula dua hasil lokakarya yang membahas draft Renstra AMPL Provinsi Sumatera Barat serta pembahasan rencana kegiatan fasilitasi provinsi fokus tahun 2013; dan Peranan Lembaga Multi Stakeholder dalam Pelayanan Publik di Kabupaten Kupang. Selain itu terdapat toilet bersih untuk sekolah lebih sehat, dinamika isu AMPL selama bulan Agustus-September 2012 yang berisikan hasil monitoring pemberitaan AMPL di media online dan ruang publikasi yang menginformasikan bahan pustaka dan agenda AMPL bulan Oktober 2012.