Dokumen Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) Sumber Kota Bandung


Pengarang:Bappenas dan AusAid
Penerbit:Jakarta : Dit.Perumahan dan Permukiman, Bappenas dan Waspola Facility; 2014
Halaman:146 hal + tabel + gambar; 30 cm
No. Klasifikasi:628.159.82 Was l
Kata Kunci:RPAM, Kota Bandung, Sungai Cikapundung,Waspola,Dago
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL No Telp.(021) 31904113
Kategori:Laporan/Prosiding

Dokumen Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) Sumber Kota Bandung ini merupakan salah satu hasil dari kegiatan Direktorat Perumahan dan Permukiman (Dit.Perkim) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), yaitu Kegiatan Dukungan Uji Coba RPAM. Kegiatan ini mulai dilaksanakan sejak tahun 2012, melalui kegiatan Water Supply and Sanitation Policy Formulation and Action Planning (WASPOLA) Facility. Uji coba RPAM ini dilakukan di Kawasan Cikapundung, khususnya yang melintasi Kota Bandung. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada kompleksitas permasalahan yang terdapat di kawasan tersebut, yang dalam penanganannya memerlukan upaya lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan. Diharapkan dengan kompleksitas yang ada ini, akan menjadi sebuah pembelajaran yang terpadu dan menyeluruh.

Setelah dilakukan uji coba terhadap 6 kelurahan ( Ciumbuleuit, Dago, Hegarmanah, Lebak Siliwangi, Cipaganti, dan Taman Sari ) diperoleh hasil masih perlu dilakukan rencana perbaikan segera untuk aspek sanitasi/air limbah, persampahan, peraturan dan penegakan hukum karena aspek-aspek ini memiliki resiko tinggi.

Saran yang diajukan untuk perkembangan penelitian ini sebaiknya dilakukan studi untuk daerah lainnya di sepanjang DAS Cikapundung, selain 6 Kelurahan yang menjadi batasan wilayah pekerjaan RPAM Sumber Kota Bandung kali ini dan perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kerjasama antara stake holder terkait supaya kondisi Sungai Cikapundung pulih, sehingga dapat memenuhi standar Kelas 1 PP No.82 Tahun 2001