Igniting Change - Towards Toral Sanitation In Maharashtra

CD ini berupa film tentang pembangunan sanitasi di Maharashtra, dimana sebelum adanya sanitasi yang memadai, masyarakat Maharashtra terutama yang ada dipermukiman yang jauh dari perkotaan, dalam membuang limbah masih sering dilakukan dalam semak - semak atau kebun. Sehingga dampak yang dihasilkan berupa bau yang tidak sedap dan penyakit yang mudah menyerang.

Konsep Community-Led Total Sanitation telah masuk ke Indonesia. Kini serangkaian uji coba mulai dilaksanakan di beberapa daerah. Konon konsep tersebut telah sukses mengubah perilaku masyarakat khususnya di Bangladesh dan India yang biasa membuang air besar di tempat terbuka pindah ke jamban. VCD CLTS ini setidaknya memberikan gambaran bagaimana konsep tersebut berhasil di kawasan Maharashtra, India. Disana digambarkan, awalnya masyarakat BAB di semak – semak. Tidak hanya anak – anak, tapi juga orang dewasa. Akibatnya bisa diduga, disekitar desa tersebut, bau tak sedap selalu tercium.

Mendengar pengalaman Bangladesh, pemerintah daerah setempat didukung LSM melaksanakan serangkaian kampanye anti dolbun (modol di kebun). Pesan disampaikan melalui acara kesenian tradisional, pelajaran di sekolah, ceramah agama dan pemutaran film.

VCD ini bisa sebagai pembanding bagi daerah – daerah yang menjadi wilayah uji coba CLTS. Tentu isinya tak bisa diambil semuanya, ada proses – proses yang menarik disesuaikan dengan budaya Indonesia.