Laporan Pelaksanaan Kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Program WES (Water and Environmental Sanitation) Kerjasama RI-UNICEF

Dalam mewujudkan koordinasi yang berdqaya guna dalam perencanaan dan evaluasi program kerjasama RI – UNICEF, maka diperlukan serangkaian kegiatan yang dikhususkan untuk membicarakan seluruh perkembangan dan isu-isu strategis yang berkembang di seluruh lokasi kabupaten yang melaksanakan program WES. Dalam hal ini, seluruh perwakilan Pokja AMPL provinsi dan kabupaten yang melaksanakan program WES perlu untuk dipertemukan dalam satu wadah atau forum, juga bersama-sama dengan Pokja AMPL Nasional, untuk melakukan sharing  pencapaian dan permasalahan yang muncul selama pelaksanaan program WES di daerahnya masing-masing.
   
Rakornas ini dilaksanakan sebagai upaya melakukan koordinasi bagi seluruh pelaku program WES RI – UNICEF mulai dari tingkat nasional hingga masyarakat. Selain itu dalam rakornas ini juga dipaparkan kisah unggulan yang diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi daerah lainnya untuk melaksanakan hal yang sama.

Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) telah dilaksanakan pada tanggal 28 sd 30 Oktober 2009 di Hotel Imperial Aryaduta Makassar. Rakornas ini diselenggarakan atas kerjasama antara Pokja AMPL Nasional dan UNICEF. Rakornas ini dihadiri oleh anggota-anggota Pokja Daerah yaitu dari 6 propinsi lokal program WES RI – UNICEF, 17 Kabupaten, 5 kota dan 18 peserta dari pemerintah pusat, field officer UNICEF dan mitra kerja. Dalam kesempatan ini sebanyak 11 kabupaten/ kota dari 25 kabupaten/ kota yang hadir, diundang karena terpilih sebagai kab/kota dengan praktik unggulan dalam melaksanakan program WES RI – UNICEF.

Hasil-hasil rakornas yang termuat dalam laporan ini antara lain adalah berupa isu-isu penting dan pembelajaran yang diperoleh serta proses yang terjadi selama rakornas, diharapkan dapat memberi manfaat dan sebagai acuan bagi para pemerhati dan pelaksana  program WES. Laporan ini seklaigus merupakan dokumen pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan WES Unicef kuartal 3 tahun 2009.

Daftar Isi:

Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Lampiran (CD)
Kata Pengantar
Istilah

1.    Pendahuluan
1.1    Latar Belakang
1.2    Tujuan
1.3    Hasil yang ingin dicapai
1.4    Materi
1.5    Proses
1.6    Peserta dan Panitia
1.7    Lokasi
1.8    Agenda Rakornas

2.    Proses Lokakarya

Hari I (Pertama), 28 Oktober 2009
2.1    Sesi I : Pembukaan
2.2    Konferensi Pers
2.3    Sesi II: Diskusi Panel Pemaparan Kebijakan AMPL oleh Lintas Departemen

Hari II (Kedua), 29 Oktober 2009
2.4    Sesi III: Diskusi Panel Kontribusi dan Pencapaian program WES
2.5    Sesi IV: Diskusi Kelompok Isu, Permasalahan dan Rekomendasi dalam Pelaksanaan Program WES
2.6    Sesi V: Round Robin Pemaparan Kisah Terbaik dari masing-masing Kabupaten Terpilih
2.7    Sesi VI: Hasil Review Rencana Strategis AMPL

Hari III (Ketiga), 30 Oktober 2009
2.8    Sesi VII: Kunjungan Lapangan ke Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan
2.9    Sesi VIII: Panel Diskusi Pendekatan Program WES Komponen Perdesaan dan Sekolah
2.10    Sesi IX: Penyusunan Strategi Pelaksanaan Program WES batch II
2.11    Pameran
2.12    Penyerahan Plakat dan Seremonial Penutupan Rakornas

3.    Penutup