Materi RAKORNAS Strategi Pencapaian Target Bidang Perumahan, Permukiman, Air Minum dan Sanitasi (HARI 1 dan Hari 2)

Sesuai dengan Peraturan Presiden No. 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024, Kementerian PPN/Bappenas melalui Pokja PPAS Nasional bersama pemerintah daerah menyusun distribusi target bidang perumahan dan permukiman, air minum, serta sanitasi. Hingga saat ini, 17 provinsi yang terdiri dari Provinsi Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, DI. Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Bali, Riau, Jawa Barat, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Tengah telah berkomitmen dengan mengirimkan target bidang perumahan, air minum, dan sanitasi  provinsi ke Kementerian PPN/Bappenas serta Kementerian Dalam Negeri.

Target tersebut merupakan langkah awal bagi daerah untuk selanjutnya memetakan dan menentukan strategi serta program yang sesuai. Mengacu kepada RPJMN 2020-2024, terdapat indikator-indikator pembangunan perumahan, air minum, dan sanitasi yang perlu didukung oleh program/kegiatan, baik di pemerintah pusat atau daerah. Adapun program/kegiatan daerah tersebut mengacu pada nomenklatur program dan belanja pembangunan daerah terintegrasi yang saat ini tertuang pada Kepmendagri Nomor 050-3708 Tahun 2020 hasil pemutakhiran Permendagri 90 Tahun 2019 yang berisikan penggolongan/pengelompokan, pemberian kode, dan daftar penamaan menuju single codebase. Telah disadari bersama bawah pembangunan bidang perumahan, air minum, dan sanitasi  memiliki berbagai regulasi sektoral dan kewenangan sehingga perlu diintegrasikan.

Oleh karena itu, Direktorat Perumahan dan Permukiman, Kementerian PPN/Bappenas sebagai Ketua Pokja PPAS Nasional menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Strategi Pencapaian Target Bidang Perumahan, Permukiman, Air Minum Dan Sanitasi 2020-2024. Pelaksanaan kegiatan dinilai cukup strategis mengingat terdapat 270 daerah yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah sehingga dapat menjadi momentum penyusunan RPJMD yang tegak lurus dengan Indikator RPJMN 2020-2024, sekaligus Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) Tahun 2030.

Dalam rangka mengupayakan hal tersebut, salah satu sub kegiatan yang akan dilaksanakan adalah Talkshow Pokja PPAS Nasional yang akan membahas terkait keterpaduan perencanaan dan pembangunan bidang perumahan, air minum, dan sanitasi.