Menjaga Air Minum Anda Tetap Aman: Panduan Awal - Alat Bantu Masyarakat -Buku 1


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2012
iii, 22 hal + gambar + tabel; 28 cm

Panjangnya musim kemarau masih terjadi di beberapa tempat, hal ini menyebabkan pasokan air bersih semakin terbatas sedangkan kebutuhan masyarakat akan air bersih tidak bisa dikurangi. Tidak sedikit masyarakat terpaksa mencari air bersih ke berbagai sumber untuk memenuhi kebutuhannya.

Sementara itu, tidak selamanya air yang terlihat bersih itu aman untuk diminum. Pencemaran air kadang kala sulit diketahui karena polutan yang terdapat dalam air tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Apabila air yang berasal dari sumber tercemar tidak dibersihkan, meskipun telah dimasak tidak menutup kemungkinan masih mengandung kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit terkait dengan air seperti diare, tipus, kolera dan penyakit lainnya. Dalam menantisipasi pencemaran, maka diperlukan tindakan untuk mengendalikan jumlah limbah yang masuk ke dalam sumber air. Untuk itu Kementerian Kesehatan menerbitkan buku ini.

Buku yang dapat menjadi alat bantu masyarakat dalam menjaga keamanan, kebersihan dan kesehatan air minum. Kualitas air seringkali merefleksikan kualitas hidup masyarakat.

Buku ini diharapkan akan mampu meningkatkan pemahaman banyak orang tentang bagaimana air dikelola, meningkatkan kesadaran akan perlunya menjaga air tetap bersih dan membuat masyarakat merasa bertanggung jawab untuk mengambil tindakan, ikut mengambil sikap dan perilaku yang benar guna memastikan adanya persediaan air minum yang aman, sehat dan berkelanjutan. Eka Subiyanti