Panduan Praktis Pemicuan 5 Pilar STBM

Pemberdayaan masyarakat merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan kesehatan. Perilaku masyarakat merupakan faktor penyebab utama terjadinya masalah kesehatan, oleh sebab itu masyarakat sendirilah yang dapat menyelesaikan masalahnya dengan pendampingan/bimbingan pemerintah. Pemerintah mempunyai keterbatasan sumber daya dalam mengatasi permasalahan kesehatan masyarakat yang semakin kompleks sementara masyarakat disadari mempunyai kemampuan
untuk melakukan upaya pencegahan apabila dilakukan upaya pemberdayaan masyarakat terutama untuk berprilaku hidup bersih dan sehat.

Program air bersih dan sanitasi dilakukan melalui pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang terbukti sebagai pendekatan yang efektif dan efisien terutama untuk merubah perilaku masyarakat. Dalam menyelenggarakan STBM, masyarakat dipicu dan difasilitasi oleh tenaga kesehatan, kader, pemerintah daerah maupun fasilitator- fasilitator pemberdayaan masyarakat lainnya untk menemukan sendiri masalah kesehatan yang mereka anggap penting. Perubahan prilaku yang diharapkan didalam STBM adalah perubahan prilaku total yang tidak hanya dilakukan oleh satu orang tetapi dilakukan oleh semua keluarga. Dengan adanya perubahan perilaku bersama diharapkan masyarakat dapat memutus mata rantai penularan penyakit.

Sehubungan dengan hal diatas maka panduan praktis pemicuan 5 pilar STBM ini diperlukan sebagai acuan/panduan praktis dalam memfasilitasi perubahan prilaku masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Sehubungan dengan hal diatas maka panduan praktis pemicuan 5 pilar STBM ini diperlukan sebagai acuan/panduan praktis untuk mendorong terjadinya perubahan. 

Panduan juga dapat di download pada link berikut: Panduan Praktis Pemicuan 5 Pilar STBM