Resensi : Buku Rumah Tangga Sehat dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Jakarta : Departemen Kesehatan RI, Pusat Promosi Kesehatan,2007 ; 48 hal

Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari diharapkan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat. Untuk itu, pemerintah menekankan agar PHBS jangan hanya sekedar slogan, tetapi diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. PHBS dapat dilakukan mulai dari diri sendiri dan di lingkungan rumah tangga.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota  rumah tangga agar tahu dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, serta diharapkan dapat  berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat

Rumah Tangga yang sehat adalah rumah tangga yang telah menjalankan 10 indikator PHBS yaitu persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI eksklusif, menimbang bayi dan balita, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok di dalam rumah.

Melalui masyarakat yang sehat diharapkan mampu mengupayakan lingkungan sehat, mencegah dan menanggulangi masalah-masalah kesehatan, memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada, serta mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM) seperti posyandu, tabungan ibu bersalin, arisan jamban, ambulan desa dan lain-lain.

Buku ini menganjurkan kita supaya berperilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari khususnya di lingkungan rumah tangga. PHBS di rumah tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau, dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. Riawati