Resensi : Dasar-dasar Penyakit Berbasis Lingkungan


Kata Kunci:Eka Subiyanti
Kategori:Buku

Dasar-dasar Penyakit Berbasis Lingkungan
Umar Fahmi Achmadi
Jakarta: Rajawali Pres, 2012
XII, 184 hal.

Dalam buku ini Umar Fahmi Achmadi menjelaskan secara jelas dan rinci tentang penyakit berbasis lingkungan termasuk patogenesisnya, dinamika media transmisi penyakit, hingga sintesis dan diagnosis penyakit berbasis lingkungan yang disertai dengan contoh-contohnya. 

Umar memaparkan bahwa penyakit pada dasarnya  merupakan hasil dari hubungan interaktif antara perilaku dan kebiasaan manusia dengan komponen kelompok di pihak lain, dimana penyakit penduduk di wilayah pegunungan akan berbeda dengan pola penyakit penduduk di daerah pantai. Selain itu, faktor kependudukan baik dilihat dari kepadatan, hobi, gender, pendidikan, bahkan mobilitas yang sangat tinggi memberikan kontribusi yang tidak sedikit terhadap kejadian dan penularan penyakit tertentu.

Di dunia ini terdapat tiga agen penyakit yaitu mikroorganisme, bahan kimia beracun, dan kelompok fisik seperti radiasi dan kebisingan.  Semua agen penyakit ini masuk kedalam tubuh manusia melalui media air, udara, tanah/pangan, binatang penular penyakit dan manusia itu sendiri. Selain itu, perubahan lingkungan global yang disebabkan penerapan teknologi yang memberi kontribusi terhadap peningkatan suhu bumi menjadi faktor bertambahnya penyakit. 

Untuk meminimalisir masuknya berbagai penyakit kedalam tubuh diperlukan sistem pertahanan baik diluar tubuh maupun di dalam tubuh, selain itu diperlukan juga sistem kekebalan tubuh.  Sedangkan salah satu upaya strategis untuk melakukan pencegahan dan pengendalian kejadian penyakit berbasis lingkungan masyarakat yaitu dengan melakukan diagnosis.

Dengan menggunakan bahasa yang enak dibaca dan mudah dimengerti, buku ini dapat menjadi pegangan untuk para pemerhati kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat, mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di bidang kesehatan maupun kedokteran agar dapat memahami bahwa obat saja tidak cukup untuk menyembuhkan pasien akan tetapi perlu melihat proses terjadinya penyakit yang berhubungan dengan lingkungan. Eka Subiyanti