Resensi : Pengelolaan Sampah Rumah Tangga: Kompos, Re-use Barang Bekas


Kata Kunci: Eka Subiyanti
Kategori:Buku


Pengelolaan Sampah Rumah Tangga: Kompos, Re-use Barang Bekas
Niniek Nuryanto (editor)
Jakarta: Prima Infosarana Media, [s.a]
72 hal + foto; 21 Cm

Hingga kini sampah masih menjadi persoalan yang belum dapat terselesaikan dengan optimal karena hampir dapat dipastikan dalam setiap kegiatan pasti menghasilkan sampah. Terlebih, dengan peningkatan jumlah penduduk dan gaya hidup masyarakat, sampah pun terus berkembang.

Kesulitan demi kesulitan terkait dengan  pembuangan sampah terasa di berbagai kota, tidak terkecuali dengan Jakarta yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan lahan  pembuangan akhir sampah domestik atau sampah rumah tangga.  Sampai saat ini, tempat penampungan utama pembuangan sampah untuk Jakarta masih di TPA Bantar Gebang.

Gangguan kesehatan, menurunnya kualitas lingkungan terutama air, tanah dan udara yang tercemar sampah, menurunnya estetika lingkungan, dan terhambatnya pembangunan merupakan sebagian kecil dampak negatif yang ditimbulkan dari sampah yang dikelola secara tidak baik. 

Buku ini mengajak para pembacanya untuk mengelola sampah secara bijak  yang dimulai dari sumber terdekat yaitu rumah tangga dengan melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik. Sampah organik dapat diolah menjadi kompos sedangkan sampah anorganik diolah dengan melakukan 3R yaitu reduce, reuse dan recycle yang merupakan solusi cerdas untuk mengatasi permasalahan diatas.

Selain cara-cara pengelolaan sampah, buku ini dilengkapi kisah sukses Desa juara dalam pengolahan sampah terpadu di Banjarsari Cilandak dan Kompleks Zeni Mampang Jakarta Selatan. Hal yang pertama kali dilakukan untuk mengelola sampah ini adalah membentuk kelompok yang secara bergantian mengelola sampah rumah tangga dan mengajak warga untuk memilah sampah kering dan basah untuk di daur ulang menjadi sesuatu yang bermafaat. Disamping itu, kedua wilayah ini  juga menghimbau warganya untuk menanam pohon. Eka Subiyanti