SNI 6719-2015 Spesifikasi Pipa Baja Bergelombang dengan Lapis Pelindung Logam untuk Pembuangan Air dan Drainase Bawah Tanah

Pendahuluan

Pipa baja bergelombang (Corrugated Steel Pipe) terdiri dari beberapa tipe serta beberapa kegunaan/aplikasi. Dalam SNI ini dibahas pipa baja gelombang yang digunakan untuk pembuangan air dan drainase bawah tanah dan terbuat dari baja yang dilapisi dengan logam pelindung dengan diameter nominal pipa dari 100 mm sampai dengan 3600 mm.

Standar ini mengatur mulai dari bahan pipa, pengerjaan pembuatan pipa, sampai dengan penerimaan dan sertifikasi produk pipa baja bergelombang yang dianggap telah sesuai dan memenuhi persyaratan yang diatur di dalam standar ini.

Terdapat banyak tipe pipa baja bergelombang dengan lapis logam pelindung yang tersedia di pasaran dan digunakan pada pekerjaan jalan. Beberapa standar yang terkait dengan pipa baja bergelombang untuk keperluan yang berbeda (pipa struktural) juga dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian sehingga kecermatan dan kehati-hatian penggunaan standar ini perlu dikedepankan. Sebagai contoh ketebalan nominal pelat yang digunakan untuk membuat gorong-gorong pipa baja bergelombang ini berada di antara 1,02 mm sampai dengan 4,27 mm. Pipa baja bergelombang yang dimensi dan ketentuannya di luar nilai-nilai yang dibahas dalam standar ini bisa saja dianggap sebagai pipa yang diatur dalam standar lain yang berlaku.