Standar Prosedur Operasional Klinik Sanitasi, untuk Puskesmas (Terbitan Klinik Sanitasi Seri-4)


Pengarang:Sutjipto, dkk
Penerbit:Jakarta, Depkes Direktorat Jenderal Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2MPL), 2002, iv + 66 hal
Tahun Terbit:Th. 2002
No. Klasifikasi:363.72 SUT s
Kata Kunci:petunjuk, sanitation, community health center, puskesmas, klinik sanitasi, SOP
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Laporan/Prosiding

Klinik sanitasi merupakan suatu wahana bagi masyarakat melalui perbaikan kondisi kesehatan lingkungan untuk mencegah berbagai penyakit menular dengan bimbingan, penyuluhan dan bantuan teknis dari petugas puskesmas. Petugas puskesmas sebagai pengelola klinik sanitasi dituntut mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam membantu menemukan dan menyelesaikan masalah lingkungan yang berkaitan dengan penyakit berbasis lingkungan yang banyak diderita masyarakat. Dengan demikian akan terwujud upaya pemberantasan penyakit yang terpadu dengan perbaikan/ intervensi lingkungan yang terfokus pada kelompok penderita atau kelompok resiko tinggi di wilayah puskesmas.
 
Buku Standar Operasional Klinik Sanitasi untuk Puskesmas ini disusun sebagai pegangan bagi petugas klinik sanitasi dalam menjalankan tugasnya, baik di dalam gedung (puskesmas) maupun di luar gedung (lapangan). Buku ini berisi uraian tentang langkah-langkah yang harus dilakukan oleg petugas klinik sanitasi di puskesmas yang terkait dengan penyakit: diare, malaria, demam berdarah, kulit, kecacingan, ISPA, TB Paru, keracunan makanan, keracunan bahan kimia/ pestisida. Untuk lebih mempermudah petugas puskesmas dalam menjalankan tugasnya, buku ini dilengkapi pula dengan Bagan Standar Operasional Klinik Sanitasi.

Daftar Isi:

Kata Pengantar
Daftar Isi

I. Pendahuluan

II. Tujuan dan Manfaat

III. Ruang Lingkup

IV. Kegiatan Klinik Sanitasi

V. Standar Prosedur Operasional Klinik Sanitasi

VI. Tindak Lanjut dan Penyelesaian Masalah

VII. Penutup

1. STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL KLINIK SANITASI
Dalam Gedung
Luar Gedung

2. BAGAN STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL KLINIK SANITASI UNTUK PUSKESMAS

Daftar Pustaka