Studi Kasus: Sanitasi Berbasis Masyarakat di Kota Batu, Jawa Timur


Penerbit:Jakarta: ESP (Environmental Services Program), 2008
Tahun Terbit:2008
No. Klasifikasi:363.72 ENV s
Kata Kunci:sanitasi berbasis masyarakat, kota Batu, Jawa Timur
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Perpustakaan ESP, CP: Biyan (021-7209594)
Kategori:Kajian
Referensi:http://www.esp.or.id/wp-content/uploads/pdf/cs/cs-ksn-temas.pdf

Tiga puluh rumah di Kelurahann Temas, Kota Batu, Jawa Timur memiliki usaha pemotongan ayam dan pembuatan tahu dan tempe berskala rumah tangga. Tanpa melalui proses apapun, limbah padat dan cair dari industri rumahan ini langsung dibuang ke saluran-saluran air yang mengalir ke Kali Tulus. Para petani di wilayah bawah, memanfaatkan air dari kali untuk irigasi dan kegiatan sehari-hari lainnya. Akibatnya, banyak penduduk yang menderita gatal-gatal karena memakai air yang terkena polusi tersebut.
 
Selama dua tahun terakhir, ESP bekerjasama dengan masyarakat dan pemerintah setempat membangun tangki septik komunal di RW XI. Sistem tangki septik komunal dipilih karena kontur wilayah Temas yang berbukit memiliki tingkat kemiringan yang cukup dan memungkinkan untuk sistem perpipaan tanpa pompa.
 
Untuk mengolah limbah dari industri rumahan, dibuat fasilitas pengolahan limbah (waste water treatment system) yang memanfaatkan sejumlah jenis tanaman dengan sistem berundak untuk menyerap dan menyaring unsur polutan dalam air limbah sebelum limbah dibuang ke sungai. Dan warga Kelurahan Temas kini memiliki sistem pembuangan limbah yang mereka rawat dan kelola sendiri.