Teknik Praktis Mengolah Air Kotor Menjadi Air Bersih Hingga Layak Minum

Air sangat penting untuk tubuh manusia, dimana air dapat mengatur suhu tubuh, melancarkan peredaran darah, membuang racun dan sisa makanan, baik untuk kulit, pencernaan, sendi dan otot dan pemulihan penyakit. Selain itu air pun diperlukan sebagai penunjang kehidupan manusia seperti kegiatan rumah tangga, pertanian, transportasi, industri dan lain sebagainya.

Kecenderungan yang terjadi saat ini adalah berkurangnya ketersediaan air yang disebabkan oleh meningkatnya populasi, pembangunan yang tidak memperhatikan resapan air dan lainnya. Air bersihpun saat ini dirasakan kurang bahkan tidak aman untuk diminum karena adanya bakteri E-Coli dan mengandung logam berat sebagai akibat dari pencemaran. Oleh sebab itu diperlukan solusi untuk mengatasi pemenuhan kebutuhan air bersih ini.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengolah air limbah agar aman kalau dibuang ke lingkungan, mengolah air bersih agar menjadi air layak minum.  Pengolahan air ini dapat secara fisika, kimia dan biologis.