Analisis Biaya Layanan Sanitasi

Oleh MOH MUCHLIS DJIBRAN pada 12 September 2019, 15:39
2    254
Assalamualaikum, selamat malam bapak ibu.
pertanyaan saya terkait LSS Air Limbah, di daerah dampingan saya IPLT nya belum di fungsikan dan Truk tinja belum ada (masih sementara penyediaan).

Pertanyaan saya apa perlu untuk mengisi :
1. Analisis utilisasi infrastruktur eksisting
2. Analisis biaya layanan sanitasi


Terima Kasih.
    0
Wa'alaikum salam wrwb. Pak Mukhlis,

Merespon pertanyaan Bapak, berikut informasi yang bisa saya sampaikan:

1. Analisis utilisasi infrastruktur eksisting dengan kondisi seperti ini BELUM DIPERLUKAN, dengan catatan saat ini juga belum ada layanan swasta yang membuang lumpur tinja ke IPLT. Karena pasti hitungan utilisasi masih 0%, karena IPLT belum difungsikan dan Truk tinja juga belum ada.

2. Analisis biaya layanan sanitasi perlu dihitung? Jawabannya: Iya, dimulai dengan menghitung kebutuhan biaya O/M. Hitungan biaya O/M ini penting untuk mengadvokasi Dinas dan TAPD terhadap kebutuhan anggaran operasional IPLT, Truk Tinja dan Gaji pegawai, serta pemeliharaan sarana-prasarana pendukung. Agar kebutuhan tersebut dapat diakomodir dalam proses perencanaan dan penganggaran reguler.  Selanjutnya dari hitungan biaya O/M itulah Pokja atau Dinas terkait bisa menginisiasi menyusun perda terkait retribusi jasa umum, khususnya terkait retribusi jasa pengurasan/sedot kakus.
    0

Topik Terhangat