Modul 3
Analisis Advokasi dan Komunikasi

Modul belajar ini membantu Pokja dan Fasilitator (user) untuk memahami lebih lanjut upaya-upaya yang perlu dipertimbangkan dan dilakukan terkait dengan pemetaan dan analisis komunikasi dan advokasi bertujuan untuk mendapatkan komitmen dari Kepala Daerah, mendapatkan dukungan dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembangunan sanitasi di daerah. Modul ini merupakan bagian dari kursus pendekatan multiaspek yang menjadi bagian rangkaian analisis lainnya. Guna mendapatkan pemahaman menyeluruh, mohon pelajari Kursus Pembangunan Sanitasi Permukiman”  terlebih dahulu.

Diawali dengan analisis jaringan komunikasi yang dilakukan oleh Pokja bersama Fasilitator sebagai keterampilan dasar dan pemetaan awal untuk mengenali orang  yang dihadapi pada proses fasilitasi melalui pertemuan dengan tim pelaksana Pokja, kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Sekretariat Daerah dan Kepala Daerah demi keberhasilan tujuan komunikasi. Setelah terpetakan jaringan komunikasi yang difasilitasi oleh Fasilitator, Pokja atau tim kecil yang dibentuk akan menyiapkan sebuah usulan Paket Kebijakan yang merupakan terobosan usulan kebijakan yang meliputi strategi dan taktik sebagai percepatan pembangunan sanitasi di daerah. Paket kebijakan ini disusun berdasarkan data dan hasil
pemetaan kondisi sanitasi : Instrumen SSK terkini dengan meninjau dokumen perencanaan sebelumnya maupun data/analisis regulasi dan kelembagaan.


Daftar Materi

NoDeskripsiEstimasi WaktuStatus
1. Analisis Jaringan Komunikasi 10 menit
2. Penyiapan Paket Kebijakan 10 menit
3. Penyiapan Materi Advokasi Kepada Kepala Daerah 15 menit
4. Promosi Kepada Masyarakat 15 menit