Modul 1
Bab 1 Pendahuluan

UU No. 36/2009 tentang Kesehatan Pasal 79 menegaskan: “Kesehatan sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh, dan berkembang secara harmonis dan setinggi-tingginya menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.” Kesehatan lingkungan sekolah berhubungan erat dengan kualitas pendidikan di dalamnya. Dengan sanitasi yang berkualitas, lingkungan sekolah yang bersih dan pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat yang dilakukan secara terus-menerus, maka para siswa dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dalam keadaan sehat dan menekan angka ketidakhadiran yang disebabkan oleh penyakit berbasis lingkungan seperti diare.

Modul ini merupakan pengantar dari seluruh rangkaian materi penyusunan strategi sanitasi sekolah. Pembaca terlebih dahulu diperkenalkan dengan rumusan permasalahan yang mendasari pentingnya menyusun strategi sanitasi sekolah sebagai bagian dari SSK. Dalam bagian ini pula pembaca akan memahami substansi dari panduan yaitu untuk membantu pengguna panduan dalam menemukenali permasalahan sanitasi sekolah di daerahnya dan menyusun strategi pemecahan masalah yang meliputi strategi pendanaan, pemberdayaan, peningkatan kapasitas, dan strategi implementasi dari perencanaan yang telah disusun.

Secara ringkas, modul Pendahuluan ini juga memuat komponen pengembangan sanitasi sekolah, pendekatan metode, sistematika panduan, mekanisme penggunaan panduan, serta contoh kerangka waktu yang diperlukan untuk melakukan seluruh proses penyusunan dokumen SSS.

Pertanyaan Reflektif

Bagaimana anda menggambarkan kondisi sanitasi sekolah di daerah anda?

Pilihan pernyataan:
a.
Memadai (Tersedia air bersih sepanjang waktu, toilet berfungsi baik dan terpisah, ada sarana cuci tangan pakai sabun/ CTPS)
b. Cukup (Air bersih cukup, toilet tersedia meskipun belum seluruhnya memenuhi standart, sebagian sekolah sudah memiliki sarana CTPS)
c. Kurang (Sulit air bersih, masih banyak sekolah belum memiliki toilet, sarana CTPS tidak ada)

Catatan:
Pertanyaan berikut merupakan pertanyaan reflektif sehingga anda cukup memikirkan satu atau beberapa pernyataan di bawah ini yang relevan dengan kondisi/situasi di daerah anda.


Daftar Materi

NoDeskripsiEstimasi WaktuStatus
1. Informasi Umum 2 menit
2. Proses, Milestone dan Jadwal 2 menit
3. Referensi Modul 1 menit