Modul 2
Bab 2 Persamaan Persepsi



Penyamaan Persepsi merupakan proses awal membangun kesepahaman diantara anggota Pokja tentang pembangunan sanitasi sekolah. Pertemuan-pertemuan Pokja diadakan sebagai forum adovakasi dan komunikasi berbagai pihak yang terkait pembangunan sanitasi sekolah. Oleh karenanya peserta pertemuan diharapkan tidak hanya sebatas anggota Pokja saja melainkan juga menghadirkan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan anggota DPR yang membidangi. Proses ini harus dilaksanakan sebelum kegiatan penyusunan dokumen.

Mengingat sebagian besar anggota Pokja sudah terlibat dan memahami proses penyusunan dokumen PPSP: Buku Putih, SSK, dan MPS, maka proses ini hanyalah forum penegasan Ketua Ketua Pokja AMPL/Sanitasi untuk menugaskan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menjadi penanggung jawab penyusunan Dokumen SSS. Pelibatan aktif Dinas Pendidikan dan buy-in-process dari seluruh OPD terkait akan menciptakan ownership atau rasa kepemilikan yang kuat akan dokumen SSS ini nantinya.

Pertanyaan Reflektif

Apakah sanitasi sekolah sudah menjadi salah satu topik pertemuan Pokja AMPL di tempat saudara?

Pilihan pernyataan:
a.
Selalu dibahas pada pertemuan rutin Pokja
b. Sudah pernah dibahas pada salah satu pertemuan Pokja
c. Belum pernah dibahas sama sekali

Catatan:
Pertanyaan berikut merupakan pertanyaan reflektif sehingga anda cukup memikirkan satu atau beberapa pernyataan di bawah ini yang relevan dengan kondisi/situasi di daerah anda.


Daftar Materi

NoDeskripsiEstimasi WaktuStatus
1. Rakor Pokja: Rencana Penyusunan Dokumen SS 2 menit
2. Substansi Strategi Sanitasi Sekolah 2 menit
3. Referensi Modul 1 menit