Modul 4
Bab 4 Strategi Jangka Menegah



Setelah dalam modul sebelumnya dipelajari bagaimana melakukan pemetaan dan memahami permasalahan mendesak, maka pada modul ini dibahas secara sistematis proses perumusan strategi jangka menengah (kurun 5-10 tahun).

Perlu dipahami bahwa perumusan strategi bukan semata menyangkut aspek penyediaan sarana dan prasarana sanitasi di sekolah, melainkan juga bagaimana memastikan agar strategi tersebut dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Oleh karenanya sangat penting bagi daerah untuk merumuskan visi, misi, tujuan, dan sasaran pembangunan sanitasi di daerahnya yang selaras dengan visi dan misi Pemerintah Daerah secara umum.

Dalam menyusun strategi, pengembangan kebijakan dan peraturan, pendanaan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan tingkat partisipasi masyarakat adalah aspek-aspek yang harus dipertimbangkan.

Pertanyaan Reflektif

Menurut pendapat Saudara, apa saja aspek yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun Strategi Jangka Menengah? (boleh memilih lebih dari 1)

Pilihan pernyataan:
a.
Teknis (infrastructure)
b. kebijakan dan peraturan
c. pendanaan
d. kapasitas sumberdaya manusia
e. kesadaran masyarakat

Catatan:
Pertanyaan berikut merupakan pertanyaan reflektif sehingga anda cukup memikirkan satu atau beberapa pernyataan di bawah ini yang relevan dengan kondisi/situasi di daerah anda.


Daftar Materi

NoDeskripsiEstimasi WaktuStatus
1. Visi dan Misi 2 menit
2. Tujuan dan Sasaran 2 menit
3. Konsolidasi RKJM RKAS 2 menit
4. Strategi dan Pentahapan 2 menit
5. Pencapaian 2 menit
6. Referensi Modul 1 menit