• Mengoptimalkan Media Sosial untuk Mendukung Target Perumahan dan Kawasan Permukiman

    07 Mei 2021
    Ngelantur, Mei 2021 - Sebagai salah satu upaya meningkatkan akses ke rumah layak huni, pemerintah pusat mendorong pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten/kota), stakeholder terkait dan warga masyarakat mendukung pencapaian target 70% rumah layak huni di tahun 2024.
  • Kolaborasi Kementerian Untuk Percepatan Pembangunan di Sektor PPAS

    05 April 2021
    Peningkatan mutu layanan perumahan, permukiman, air minum, dan sanitasi (PPAS) layak sudah seharusnya menjadi isu penting yang menjadi perhatian, khususnya dari pemerintah dan masyarakat. Pasalnya, semua sektor tersebut masuk dalam Standar Pelayanan Minimum (SPM) sebagai kebutuhan dasar yang harus dipenuhi untuk setiap warga. Kendati begitu, pada kenyataannya masih banyak daerah di Indonesia yang
  • Punya Komitmen Kuat, Kota Langsa jadi Percontohan DAK Terintegrasi

    08 April 2021
    Gampong Herbal, Lokasi Perumahan Baru untuk DAK Terintegrasi 2021. Dalam gambar terlihat 103 unit rumah bagi warga relokasi Gampong Tengah yg dibangin tahun 2020 melalui dana BSPS-APBD-CSR
  • Rusun Tamansari: Mengubah Kumuh menjadi Hunian Layak dan Aman yang Terjangkau

    24 April 2021
    Kota Bandung – Warga Kota Bandung mungkin sudah tidak asing lagi dengan keberadaan permukiman padat penduduk di wilayah Kelurahan Tamansari. Permukiman yang tumbuh di atas lahan pemerintah kota tersebut terletak di kawasan premium, dekat dengan pusat perbelanjaan dan berbagai perguruan tinggi.
  • Garis Lurus Pembangunan PKP

    01 April 2021
    “RPJMN 2020-2024 bukan menjadi dokumen formalitas. Tapi betul-betul menjadi panduan, menjadi rencana kita dalam melangkah ke depan menuju Indonesia maju. Semuanya bisa sambung satu garis lurus dari pusat sampai ke daerah dan dimulai dari RPJMN kita, ” kata Presiden RI Joko Widodo .
  • Peremajaan Kota Buka Banyak Peluang di Masa Depan

    22 April 2021
    Rabu, 7 April 2021-Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) melalui Direktorat Perumahan dan Permukiman baru– baru ini menggelar webinar tentang peremajaan kota (urban renewal) dalam skala kawasan. Proyek ini menjadi salah upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan kesehateraan hidup masyarakat di kawasan perkotaan.
  • REVOLUSI MENTAL MELALUI KURASSAKI : MENGELOLA SAMPAH TANPA BAK SAMPAH

    16 Maret 2021
    TanggerangTangerang, 12 Maret 2021 - Sampah menjadi masalah yang sangat pelik di Indonesia. Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjelaskan bahwa tahun 2019 sampah di Indonesia akan mencapai 68 juta ton, pun sampah plastik yang diperkirakan akan mencapai 9.52 ton. Bahkan World Economic Forum (WEF)TanggerangTangerang, 12 Maret 2021
  • Percik Junior Edisi 33 tahun 2020

    03 Maret 2021
    Pada edisi kali ini Percik akan memperlihatkan kita bagaimana menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat di tengah pandemi Covid 19.
  • Percik Reguler Edisi 2020 tahun ke 18

    03 Maret 2021
    Tema protokol kesehatan di permukiman padat penduduk menjadi sajian utama dari Percik edisi kali ini. Selain itu, kami juga membahas bagaimana operator air limbah dan air minum berupaya untuk terus menyuguhkan layanan maksimal di tengah keterbatasan karena pandemi. Melengkapi sajian kali ini, di PERCIK tetap tersedia rubrik Kilas, Resensi, serta wawancara.
  • Rapat Koordinasi Nasional Strategi Pencapaian Target Bidang PPAS

    08 September 2020
    Realisasi RPJMN 2020-2024 telah berjalan selama setahun (2020) dengan berbagai tantangan berat yang menyertainya, Kondisi ini telah mengakibatkan pertumbuhan ekonomi melambat (tidak sesuai dengan asumsi APBN). Hal ini jelas telah mempengaruhi langsung realisasi target pencapaian Bidang Perumahan, Air Minum dan Sanitasi.Untuk mengantisipasi hal ini, diperlukan akselerasi pencapaian target RPJMN
  • Pembangunan Perumahan, Air Minum, dan Sanitasi Tetap Prioritas

    04 September 2020
    Meski berkutat dengan penanganan pandemi Covid-19, pemerintah memastikan pembangunan perumahan, air minum, dan sanitasi (PPAS) tetap menjadi salah satu prioritas penanganan pemerintah. Hal itu ditegaskan dalam kick off meeting tahunan kelompok kerja Perumahan Permukiman, Air Minum dan Sanitasi (PPAS) tahun 2021 pada 23-23 Februari secara virtual yang diikuti perwakilan dari Kementerian, Pemerinta
  • Komitmen dan Dukungan Anggaran, Kunci Keberlanjutan PPSP

    28 Agustus 2020
    Audiensi dan Coaching Clinic Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) di Kabupaten Bima Kamis (27/8) di ruang Rapat Sekda Bima membahas beberapa hal terkait dukungan pemerintah daerah bagi keberlanjutan program tersebut.
  • Terbitkan Panduan untuk Pastikan Langkah CTPS yang Tepat dan Benar

    12 Agustus 2020
    Kementerian Kesehatan bersama dengan Unicef baru saja mengeluarkan panduan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sebagai salah satu upaya pencegahan dari penularan penyakit, termasuk virus Covid-19 yang kini tengah melanda. Panduan ini berisikan berbagai informasi penting terkait CTPS, mulai dari langkah CTPS yang tepat, mengapa CTPS penting, bagaimana cara menggunakan sarana CTPS di tempat umum, dll.