• Peluncuran Peta Jalan Penerapan RPAM Sebagai Strategi Efektif Menuju Akses Air Minum

    23 September 2021
    Sebagai upaya mencapai akses air minum aman yang telah dimandatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri berkolaborasi dengan USAID IUWASH PLUS melaksanakan Lokakarya Peluncuran Peta Jalan Penerapan Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM).
  • Tantangan, Strategi, dan Peran Pemerintah dalam Upaya Pengamanan Air Minum

    23 September 2021
    Dalam acara peluncuran peta jalan penerapan RPAM diadakan sesi diskusi interaktif antar Kementerian yang dimoderasi oleh Wahyu Wiwoho. Diskusi ini membahas tentang tantangan, strategi, serta peran yang dapat dilakukan oleh pemerintah pusat dalam pengamanan air minum.
  • Rencana Pengamanan Air Minum Sebagai Upaya Untuk Mencapai Target Air Minum Aman

    23 September 2021
    USAID IUWASH PLUS bekerjasama dengan Pokja PPAS Nasional, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), mengadakan acara workshop online dengan tema “Kenapa harus air minum aman?”. Tujuan dari acara ini untuk meningkatkan kesadaran jurnalis dan mendorong pesan tentang pentingnya air minum aman untuk kesehatan masyarakat Indonesia. Acara ini melibatkan 40 jurnalis dari 35 media nasional.
  • Retribusi Sampah Jadi Langkah Efektif Daerah Untuk Tingkatkan Layanan Pengelolaan Sampah

    24 Agustus 2021
    Dalam rangka mencapai target 80% penanganan sampah dan 20% pengurangan sampah yang dimandatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, Direktorat Perumahan dan Permukiman, Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan webinar bertajuk “Optimalisasi Pengumpulan Tarif Retribusi Sampah Sesuai Permendagri No. 7 Tahun 2021”.
  • Piloting Program Peremajaan Permukiman Kumuh di Kota Bandung

    21 September 2021
    okja PPAS Nasional yang diketuai oleh Bappenas telah menyelenggarakan Audiensi Kemitraan Program Peremajaan Kumuh Bersama Walikota Bandung pada Rabu, 8 September 2021 lalu.
  • Sukses, Kabupaten Sumbawa Barat Jadi Daerah Pertama Untuk Deklarasi 5 Pilar STBM

    24 Agustus 2021
    Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berhasil menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang sukses menuntaskan 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Atas pencapaian tersebut, KSB kemudian menggelar acara bertajuk Deklarasi Kabupaten Tuntas 5 (Pilar) STBM yang dilakukan secara virtual, Kamis, 19 Agustus 2021.
  • Kementerian Kesehatan Luncurkan Modul Intervensi Perubahan Perilaku untuk Penguatan Cuci Tangan Paka

    19 September 2021
    Kementerian Kesehatan, melalui Direktorat Kesehatan Lingkungan Ditjen Kesehatan Masyarakat, bersama dengan UNICEF dan SPEAK Indonesia, telah mengadakan kegiatan Launching Modul Intervensi Perubahan Perilaku untuk penguatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Indonesia.
  • GERMAS dan STBM 5 Pilar, Promosikan Pentingnya CTPS Di Masa Pandemi

    23 Agustus 2021
    Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan SPEAK Indonesia mengadakan kegiatan Kick – Off Meeting Rencana Aksi Germas Melalui 5 Pilar yang dilakukan secara daring. Acara yang dipandu oleh Wiwit Herris dari SPEAK Indonesia serta Ketua Jejaring AMPL, Laisa Wahanudin tersebut berlangsung selama dua hari dan menampilkan sejumlah narasumber dari pemerintah daerah maupun juga dari mitra pembangunan.
  • Kolaborasi USAID IUWASH PLUS dan Kabupaten Tangerang Wujudkan Akses Air Minum dan Sanitasi

    14 September 2021
    USAID Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene - Penyehatan Lingkungan Untuk Semua (IUWASH PLUS) bersama dengan pemerintah daerah Kabupaten Tangerang, mengadakan kegiatan Lima Tahun Perjalanan Program USAID IUWASH PLUS di Kabupaten Tangerang dan Pencanangan Target Stop BABS Menuju Kabupaten Tangerang Gemilang
  • Bappenas Bersama USAID IUWASH PLUS Ajak Kementerian/Lembaga Lain Lakukan Konservasi Air Baku

    18 Agustus 2021
    Dalam upaya mengamankan ketersediaan air baku untuk air minum, Direktorat Perumahan dan Permukiman, Kementerian PPN/Bappenas bekerjasama dengan USAID IUWASH PLUS mengembangkan konsep Kajian Kerentanan Mata Air – Rencana Aksi (KKMA-RA). Dalam KKMA-RA, seluruh pelaku diajak untuk bersama-sama menyusun dan menerapkan rencana aksi konservasi air baku untuk air minum.
  • Pusat Kembali Tegaskan Komitmen Pemda Penuhi Akses Air Minum dan Sanitasi Usai Pamsimas III

    14 September 2021
    Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau yang dikenal dengan PAMSIMAS ialah program yang berfokus pada pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat. Program ini telah berkiprah di Indonesia sejak tahun 2008 di fase pertama sampai ke fase ketiga yang akan berakhir pada tahun 2021.
  • Edukasi Pentingnya Air Minum Aman, Pokja PPAS Gandeng Putri Indonesia Lingkungan

    13 Agustus 2021
    Kegiatan yang mengangkat tema "Sudah Amankah Air Minum Kita?" ini menggandeng Puteri Indonesia Lingkungan 2020, Putu Ayu Saraswati, dan Direktur Kesehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan, Vensya Sihotang untuk menjadi narasumber diskusi online melalui kanal instagram @rumahairminumsanitasi.
  • Generasi Muda Siap Bebaskan Indonesia Dari Sampah Plastik

    28 Agustus 2021
    Dalam rangka mencapai target pengurangan sampah plastik di laut sebesar 70% pada tahun 2025, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan didukung oleh Sekretariat TKN PSL (Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut) mengadakan acara Webinar Nasional "Merdeka dari Sampah Plastik".
  • Terwujudnya Perumahan Layak Huni, Aman dan Terjangkau Harapan Hari Perumahan Nasional di Usia ke- 71

    14 September 2021
    “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan pelayanan kesehatan”, bunyi pasal ini tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 H ayat 1 yang sejalan dengan keseriusan pemerintah dalam penyediaan rumah
  • Pendanaan ZIS Bantu Pemerintah Capai Target Akses Air Minum dan Sanitasi Aman

    28 Agustus 2021
    Penyediaan layanan air minum dan sanitasi telah ditetapkan sebagai bagian dari hak asasi manusia yang wajib dipenuhi karena berkaitan erat dengan peningkatan taraf kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Mengingat pentingnya hal ini, Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk menyediakan akses yang layak dan aman bagi seluruh masyarakat.
  • Terobosan Baru Kolaborasi The HUD Institute dan Universitas Djuanda Uji Coba Program Perumahan dan P

    14 September 2021
    The HUD Institute membuat terobosan baru bersama Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor dengan melahirkan Program Perumahan dan Permukiman Produktif Berbasis Komunitas (P3-BK) yang diujicobakan di Kabupaten Bogor, acara peluncuran program ini pun dilaksanakan pada Jum’at, 24 Agustus 2021 lalu di Universitas Djuanda Bogor.
  • Memastikan Sanitasi Aman di Rumah

    26 Agustus 2021
    Pokja PPAS Nasional berkolaborasi dengan Cleanomic Radio meluncurkan episode kedua serial edukasi Podcast “Sanitasi di Rumahmu Sudah Aman?”. Pada episode ini, Cleanomic Radio mengajak Direktur Sanitasi, Kementerian PUPR, Prasetyo dan Pendiri SPOA Arsitektur, Rahmat Indrani atau yang lebih akrab disapa Kibo untuk berbincang- bincang bersama.
  • Potensi Self Supply Untuk Memperkuat Ketahanan dan Keamanan Air Minum

    04 September 2021
    Ajang World Water Week 2021 yang diadakan pada 23 – 27 Agustus 2021 lalu, menampilkan sejumlah grup diskusi dengan beragam tema mengenai pemenuhan akses air minum dan sanitasi, serta sejumlah isu lingkungan lainnya. Salah satu diskusi menarik di acara tersebut ialah mengenai potensi self supply dalam meningkatkan ketahanan dan keamanan air.