• Pokja Pusat Kupas Tuntas Pedoman Tata Kelola Program PAMSIMAS 2022

    27 Juli 2022
    Melanjutkan pembahasan mengenai tata kelola program PAMSIMAS, pemerintah pusat kembali duduk bersama berdiskusi terkait penyempurnaan tata kelola program PAMSIMAS pada hari Rabu (20/07).
  • Pemerintah Pusat Adakan FGD ke-6 Bahas Keberlanjutan Program PAMSIMAS 2022

    27 Juli 2022
    Setelah dilakukan kunjungan lapangan ke Kabupaten Ogan Ilir dan Kabupaten Klaten lalu, pemerintah pusat kembali mengadakan FGD bersama seluruh kementerian terkait untuk membahas strategi keberlanjutan program PAMSIMAS. Kegiatan yang diadakan pada hari Rabu (20/07) banyak membahas terkait tata kelola program dan mekanisme evaluasi program, serta sistem informasi terpadu.
  • Kejar Target SDGs, Pemerintah Pusat Susun Roadmap Air Minum Aman

    27 Juli 2022
    Dalam rangka memenuhi target pemenuhan akses air minum aman sesuai yang ditargetkan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 2030, Kementerian PPN/Bappenas bersama Pokja PPAS Nasional saat ini tengah menyusun Roadmap Induk Air Munum Aman (RI-AMAN). Roadmap ini merupakan pedoman induk pembangunan air minum aman secara nasional, yang saat ini sedang masuk kedalam tahap finalisasi draft dokumen.
  • Terus Bergerak Atasi Tantangan Persampahan

    18 Juli 2022
    Sejak tahun 2020, setidaknya sudah tiga tahun program Improvement of Solid Waste Management (ISWM) berjalan sebagai upaya penanganan sampah di Indonesia yang masih menjadi tantangan. Tidak hanya ditujukkan untuk pembangunan infrastruktur, program ini dilakukan juga guna meningkatkan pengelolaan persampahan.
  • Indonesia Optimis Bisa Lakukan Percepatan Penanganan Sampah Secara Terpadu

    18 Juli 2022
    Pemerintah Indonesia terus optimis untuk melakukan pengelolaan sampah yang lebih baik dari hari ke hari. Faktanya kini semakin banyak upaya yang telah dilakukan oleh sejumlah pihak terkait, baik dari sisi pemerintah, mitra, dan juga masyarakat. Banyak aksi-aksi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan sampah yang hingga kini masih menjadi tantangan negeri ini.
  • Kuatkan Perencanaan Sektor Sanitasi, Provinsi Diberikan Bimtek RSP

    14 Juli 2022
    Roadmap Sanitasi Provinsi (RSP) adalah sebuah peta jalan yang akan memberikan arahan dan langkah-langkah percepatan penyelenggaraan pembangunan sanitasi di wilayah provinsi. Sebagai peta jalan, isi dari roadmap pun cukup lengkap, mulai dari profil provinsi, target layanan, rumusan strategi, serta indikasi program dan kegiatan untuk mencapai pengelolaan pembangunan selama 5 tahun kedepan.
  • Pastikan Konsumsi Air Minum Aman

    13 Juli 2022
    Menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2018 tentang pemenuhan kebutuhan air minum dan air limbah domestik. Kementerian/PPN Bappenas, bersama dengan Kementerian Kesehatan dan PP Hakli baru saja menggelar kegiatan orientasi pengawasan kualitas air minum regional satu secara online.
  • Gandeng Australia Giatkan Akses Sanitasi Aman, Kota Palembang Wujudkan Palembang

    13 Juli 2022
    Sebagai upaya untuk meningkatkan akses sanitasi aman, Pemerintah Pusat telah melakukan berbagai upaya melalui kerjasama dengan multipihak seperti yang dilakukan di Kota Palembang melalui Proyek Palembang City Sewerage Project (PCSP) dan Program Australia – Indonesia Infrastructure Grants for Sanitation (sAIIG) sebagai hasil kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia.
  • Peningkatan Kapasitas Pemda untuk Penataan Kawasan Kumuh Terpadu

    11 Juli 2022
    Salah satu dukungan yang diberikan oleh pemerintah dalam mendukung program penanganan kumuh di daerah adalah melalui DAK Tematik Pengentasan Permukiman Kumuh Terpadu atau DAK Integrasi. DAK Integrasi ini bersifat holistik meliputi bidang air minum, sanitasi dan perumahan permukiman, yang diharapkan dapat menjadi salah satu sumber pendanaan dalam menggenapkan program yang telah dimiliki oleh Pemeri