• Penyusunan Roadmap Air Minum Aman Untuk Indonesia Yang Lebih Baik

    29 November 2021
    Dalam rangka mencapai target akses air minum yang sudah dimandatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020 - 2024, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan dan Unicef beserta mitra pembangunan lainnya mengadakan rapat koordinasi untuk merancang ide utama dan konsep penyusunan induk roadmap air minum untuk mendukung program RI-AMAN
  • Jawa Timur Siap Melangkah Bersama Menuju Kemandirian dan Keberlanjutan Air Minum, Sanitasi, dan Peri

    26 November 2021
    Jawa Timur menargetkan capaian 95% akses sanitasi layak pada tahun 2024, dengan 20% diantaranya sanitasi aman. Di sektor air minum, Jawa Timur mencanangkan target 100% akses layak, di mana 26,48% diantaranya melalui jaringan perpipaan. Hal tersebut diungkap oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dalam kegiatan Puncak Program USAID IUWASH PLUS Regional Jawa Timur, Kamis (18/11).
  • Pemerintah Pusat Pertegas Peran Pemerintah Daerah Kembangkan BLUD Pengelolaan Air Limbah Domestik

    24 November 2021
    Dalam rangka mempercepat pencapaian target akses sanitasi aman yang telah dimandatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024, emerintah terus berupaya melakukan berbagai inovasi dan kolaborasi pada program dan pendanaan di daerah. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan adalah pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk Pengelolaan Air Limbah Domestik (PALD).
  • Inovasi BLUD Percepat Pencapaian Target Akses Sanitasi Aman

    24 November 2021
    Upaya pencapaian target akses sanitasi aman bagi masyarakat tidak hanya menjadi tugas pemerintah semata, tetapi banyak pihak perlu terlibat berkolaborasi membentuk inovasi yang dapat mempercepat pencapaian target yang sudah dimandatkan. Salah satu bentuk inovasi terkait layanan yang telah dikembangkan ialah pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk Pengelolaan Air Limbah Domestik (PALD).
  • Pengelolaan Sampah Dari Sumbernya Dapat Menciptakan Lingkungan Bebas Sampah Secara Nyata

    24 November 2021
    Dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional yang diselenggarakan oleh PT. Nozomi Otomotif Indonesia yang bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, maka diadakan acara webinar dengan tema “Zero Waste Fantasy or Reality”. Selain untuk memperingati hari peduli sampah nasional, acara ini juga bertujuan untuk menyadarkan masyarakat bahwa zero waste dapat dicapai bersama.
  • Hargai Toilet dan Akses Sanitasi, Langkah Awal Kesehatan Diri

    21 November 2021
    Dalam rangka menyambut dan memeriahkan perayaan Hari Toilet Sedunia atau World Toilet Day (WTD) yang diperingati setiap tanggal 19 November, USAID IUWASH PLUS berkolaborasi dengan Pokja PPAS dan Jamban.id, menyelenggarakan kegiatan online workshop bertajuk “Hargai Toilet dan Akses Sanitasi, Langkah Awal Kesehatan Diri” pada Selasa (16/11).
  • Partisipasi Organisasi Masyarakat Sipil Dalam Mendorong Pembangunan Sanitasi

    21 November 2021
    Direktorat Perumahan dan Permukiman, Kementerian PPN/Bappenas mengadakan Diskusi Pegiat Air Minum dan Sanitasi yang mengangkat tema “Peran Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dalam Advokasi Berbasis Bukti untuk Pembangunan Sanitasi.”
  • Bisnis Jamban Sehat, Mencipta Akses Sanitasi Membangun Ekonomi Mikro

    17 November 2021
    Keterlibatan dunia usaha menjadi salah satu komponen strategis dalam upaya pemenuhan target akses sanitasi layak dan aman, khususnya dalam penyediaan sarana sanitasi di tingkat rumah tangga. Hal ini menjadi bahasan dalam Dialog Kebijakan "Menguatkan Bisnis Sanitasi untuk Percepatan Capaian Target Akses Sanitasi" yang diinisiasi oleh USAID IUWASH PLUS dengan kementerian terkait.
  • Air Minum dan Sanitasi Aman Untuk Hidup Sehat

    17 November 2021
    Instagram Live episode empat yang mengusung tema “Air Minum dan Sanitasi Aman Untuk Hidup Sehat” telah selesai dilaksanakan. Dengan menghadirkan narasumber dari pendiri Lakoat Kujawas, Dicky Senda dan pendiri @rumahimani, Imam, kegiatan yang menjadi bagian dari kampanye publik KSAN ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi pentingnya ketersediaan air minum dan sanitasi aman bagi kesehatan.
  • Kerja Bersama Membangun Rumah Warga

    16 November 2021
    Gotong royong adalah tradisi bangsa kita. Ia laksana darah yang mengaliri nadi sejarah hidup nenek moyang, hingga generasi sekarang. Gotong royong telah hidup dalam peradaban demi peradaban. Dalam perspektif sekarang, gotong royong mewujud dalam praktik-praktik tata kelola pemerintahan kolaboratif (collaborative governance). Gotong royong tidak berdiri sendiri sebagai budaya. Ia disokong oleh ...