”Strategi adalah Kreatifitas“: Kumpulan Pengalaman Kerja Lapangan di beberapa Area Hulu Hilir Brantas

Pengelolaan kawasan yang baik, kemudahan masyarakat mendapatkan air bersih, dan perubahan perilaku hidup sehat adalah tiga faktor utama yang diyakini mampu memutus mata rantai kemunculan berbagai macam penyakit, terutama diare. Environmental Services Program, disingkat ESP, ikut menjawab persoalan tersebut.
   
Di Jawa Timur, program kerjasama USAID – United States Agency for International Development – dengan Pemerintah Indonesia ini bekerja di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas, yang mempromosikan, mendukung, dan mendorong perbaikan pengelolaan DAS atau daerah tangkapan air guna menunjang peningkatan derajat kesehatan masyarakat.
   
Buku ini didedikasikan kepada mereka yang meyakini bahwa strategi dan pendekatan program adalah melulu perkara kreatifitas, yang tanpa lelah dibangun masyarakat dan pemangku kepentingan program. Berbagai inovasi dan kreatifitas itu terekam jelas melalui berbagai upaya di hulu dan hilir.
   
Upaya konservasi dan rehabilitasi lahan hutan di hulu dengan upaya-upaya penjaminan sumber air baku di hilir, merupakan syarat agar masyarakat mendapatkan akses air bersih yang lebih baik. Sementara untuk aspek kesehatan ditandai dengan berbagai perubahan perilaku yang mengarah pada menurunnya tingkat penyakit diare di masyarakat dan anak-anak. Pemilik masa depan Indonesia.
   
Buku ini merekam sejumlah kegiatan yang dinilai dapat mencerminkan empat komponen program yang dijalankan ESP. Keempat komponen tersebut adalah pengelolaan daerah aliran sungai dan konservasi keanekaragaman hayati, penyediaan jasa lingkungan dengan meningkatkan akses air bersih dan sanitasi, pembiayaan penyediaan jasa lingkungan dan kompensasi terhadap perlindungan lingkungan, dan komponen strategis dan perubahan perilaku.

Daftar Isi:

Kata Pengantar AJI Malang
Kata Pengantar USAID-ESP
Daftar Isi

Tabur Benih Sehat

1.    Menuju Hutan Hijau
a.    Tahi Sapi dan Madu Konservasi
b.    Lestari dalam Asuhan Bersama
c.    Agar Sumber Air Mengucur Kembali
d.    Menjamin Kesehatan DAS Brantas

2.    Berjuang Meningkatkan Kesadaran Pengelolaan Sanitasi
a.    Membabat Sampah Berganjar Hadiah
b.    Karena Mbah Dukun Sudah Menyerah
c.    Lingkungan Temas yang Tak Lagi Ganas
d.    Bukan Gebrakan Biasa
e.    Sanitasi di Jawa Timur: Akankah Harapan Kita Menjadi Kenyataan

3.    Biar Bening Mampir Ke Rumah
a.    Segelas Teh Tanpa Diare
b.    Kado Popok Putih
c.    Pipa Mulus Biar Sehat
d.    Sambung Murah Arek Surabaya
e.    Upaya Peningkatan Akses Air Bersih

4.    Mengubah Perlaku Biar Sehat
a.    Agar Paciran Tak Lagi Kebanjiran
b.    Membekali Siswa, Menggugah Orangtua
c.    Agar Diare Tak Lagi Datang
d.    Islam yang Berkemajuan
e.    Peran Perilaku Hidup Sehat dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan

Tentang ESP Jawa Timur