Peningkatan Kinerja Sektor AMPL Melalui Penguatan Peran Pokja AMPL

Tantangan yang masih harus dihadapi dan diselesaikan bersama dalam peningkatan kinerja sektor air minum dan penyehatan lingkungan ini diantaranya adalah air, sanitasi dan hygiene.  Untuk mengatasi permasalahan diatas maka untuk sektor air dibuatkan program  Pamsimas, bantuan kepada PDAM, CWSH, water hibah, penyediaan air baku, masalah dengan sistem pendataan di BPS dan investasi belum bisa mengimbangi laju pertumbuhan penduduk terutama bagi daerah perkotaan.  Sedangkan untuk sanitasi dengan dilaksanakannya PPSP, STBM, DAK dan lainnya.

Untuk mengatasi permasalahan terkait dengan air, sanitasi dan hygiene ini adalah penguatan SKPD , penguatan Pokja, penguatan institusi, common understanding dan common enemy.   Semua ini pada akhirnya berpengaruh pada dampak kualitas air minum pada kesehatan dan ekonomi.  Agar masyarakat mendapatkan air minum yang layak maka diperlukan kebijakan menyeluruh untuk memastikan pengamanan air minum dari hulu ke hilir dengan kata lain mulai dari sumber air, produksi dan distribusi. Adapun target yang akan dicapai yaitu peningkatan dalam kualitas, kuantitas, kontinuitas dan keterjangkauan masyarakat.

Dalam presentasi ini dipaparkan pula seputar nawasis.info yang merupakan sistem pengelolaan data dan informasi air minum dan sanitasi, sumber data dan infornasi berbagai pemangku kepentingan AMPL dan dapat diakses oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun juga.